Berita TerkiniLifestyle

Kiat Jitu Mengumpulkan Biaya Nikah

AsSAJIDIN.COM — Bagi Anda yang sudah berusia di atas 25 tahun, pasti sering mendengar pertanyaan “kapan menikah?”. Namun, Anda sadar bahwa tidak semudah itu untuk merencanakan pernikahan. Ada banyak hal-hal yang harus Anda persiapkan agar penikahan yang memang sudah Anda impikan itu berjalan sesuai rencana. Terutama terkait biaya menikah yang harus dikumpulkan terlebih dahulu.

Disadari atau tidak, sesederhana apapun rencana pernikahan Anda kelak, dana yang dibutuhkan pastinya tetap banyak. Solusi terbaik yang bisa diberikan hanyalah menabung dari jauh-jauh hari.

1. Kurangi jajan dan belanja

Lupakan jajan atau terlalu banyak belanja untuk sementara waktu. Paling tidak sampai Anda sudah merasa biaya nikah sudah mencukupi. Soal kencan, pilih gaya pacaran hemat dengan pasangan.

Untuk sementara sebisa mungkin kurangi makan romatis di restoran mahal. Cukup masak dan makan bareng pasangan di rumah saja. Kalau ingin nonton film, streaming melalui laptop/PC tak kalah seru, kok!

Lihat Juga :  Ini Tanda Anda Harus Cepat-cepat Minum Vitamin Setelah Lama Berpuasa

2. Bawa bekal ke kantor

Uang yang digunakan untuk membeli makanan setiap hari di kantor juga lumayan menguras kantong, lho. Kalau dihitung secara kasar, Anda bisa menghabiskan minimal 50 ribu dalam sehari untuk makan saja.

Kalikan 50 ribu dengan minimal 20 hari kerja, sebulan Anda sudah bisa menabung setidaknya Rp 1 juta jika memangkas uang makan tersebut. Mulai sekarang, coba siasati dengan membawa bekal dari rumah. Selain irit, makanan rumah juga lebih sehat.

3. Menabung

Menabung untuk menikah merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Akan lebih menyenangkan lagi, jika dilakukan bersama pasangan. Selain uang yang terkumpul semakin banyak, kalian pun akan lebih termotivasi untuk terus mengumpulkan uang demi tujuan bersama.

Lihat Juga :  Ardiansyah Terkejut, Pengadilan Tinggi Palembang Kedapatan Pasang Bendera Israel Peserta Asian Games 2018

Namun untuk tips yang satu ini, perlu komitmen yang sungguh-sungguh dari hati ya. Jangan sampai ada salah satu yang merasa terpaksa atau terbebani.

5. Sisihkan gaji minimal 15%

Untuk menyisihkan berapa persennya dari penghasilan Anda per-bulan, tetapi minimal 15% dari jumlah penghasilan. Jika memang pengeluaran Anda tiap bulannya tidak terlalu banyak, tidak ada salahnya untuk meyisihkan 50% uang Anda perbulannya dari penghasilan yang diperoleh.

6. Rencanakan Resepsi yang Sederhana

ALlah tak suka pemborosan dan berlebih-lebihan. Maka laksanakan segala sesuatu persiapan dengan sederhana, sesuai dengan kemampuan keuangan. Tidak memaksakan diri dengan berhutang dll. Semoga bermanfaat. (*/sumber: okezone.com)

Berita Terkait

Close