MOZAIK ISLAM

Perpustakaan Masjid Istiqlal, Luas dan Lengkap

AsSAJIDIN.COMMasjid Istiqlal Jakarta merupakan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Kemegahan bangunan dari Masjid Istiqlal Jakarta memang sangat Indah dan megah. Kemegahan dari Masjid Istiqlal semakin sempurna ketika di dalamnya juga memiliki Fasilitas Perpustakaan.

Masjid Istiqlal ialah masjid terbesar di Asia Tenggara. Sebagai rasa syukur atas kemerdekaan yang diperoleh republik Indonesia masjid Istiqlal dapat kita artikan Merdeka.

Ide awal pembangunan masjid ini ialah dari bapak. KH. Wahid hasyim (menteri agama tahun 1950) dan bapak Anwar Cokroaminoto. Tahun 1953 dibentuk lah pantia pembangunan masjid Istiqlal yang diketuai oleh Bapak. Anwar Cokroaminoto. Beliau menyampaikan rencana pembangunan masjid pada Ir. Soekarno dan ternyata mendapatkan sambutan hangat dan akan mendapat bantuan sepenuhnya dari presiden.

Ir. Soekarno sejak tahun 1954 oleh panitia diangkat menjadi kepala bagian teknik pembangunan Masdjid Istiqlal, dan beliau juga menjadi ketua dewan juri untuk menilai syayembara maket Istiqlal.

Tahun 1955 diadakan syayembara memebuat gambar dan Maket pembangunan masjid Istiqal. Diikuti oleh 30 Orang peserta dan hanya 27 orang peserta yang menyereahkan gambar. Dan hanya 22 orang saja yang memenuhi persyaratan lomba. Setelah didiskusikan oleh dewa juri yang menjadi pemenang ialah 5 orang dan dari 5 orang terebut terpilih Arsitek F Silaban dengan Sandi ketuhanan.

Lihat Juga :  Kemenag Anggarkan Rp 577 Miliar untuk Renovasi Masjid Istiqlal Dilengkapi Teknologi Canggih

Pada tahun 1961 diadakan penanaman tiang pancang pertama pembangunan masjid Istiqlal. 17 tahun kemudian bangunan masjid selesai dibangun, dan penggunaannya dilakukan sejak tanggal 22 Februari 1978.

Pembangunan majid ini didanai dengan APBN sebanyak 7.000.000.000 dan 12.000.000 US. Luas tanah areal masjid Istoqlal ialah 9.3 hektar. Lokasi pembangunan gedung ialah seluas 2,5 hektar terdiri dari; gedung Induk/Utama dan balkon bertingkat lima luasnya 1 hektar, bangunan teras 1,5 hektar, Areal parkir luasnya 3,35 Hektar, Pertamaan dan air mancur seluas 3,47 hektar.

Fasilitas Perpustakaan Masjid Istiqlal

Pusat Perpustakaan Islam Indonesia (PPII) di Masjid Istiqlal memiliki koleksi berbagai buku tafsir,hadist, tarikh atau sejarah dan berbagai literatur Islam kontemporer.

Selain jamaah masjid, pengunjung perpustakaan juga terdiri dari mahasiswa, pelajar dan peneliti yang mencari bahan bacaan untuk studi atau penelitian mereka.

Perpustakaan Masjid Istiqlal berlokasi di dalam lingkungan Masjid Istiqlal tepatnya ada pada Ruang 7 yang lokasinya ada di dalam.

Data per 2014, Perpustakaan Masjid Istiqlal ini memiliki Total Koleksi Buku 14.945 judul (29.142 eks). Koleksi dari Perpustakaan Masjid Istiqlal terdiri atas: 60% bidang agama, 40% bidang lainnya (umum).

Lihat Juga :  Jelang Sya'ban, ini Nasihat Ustad Abdul Somad Amalan Apa yang Bisa Dilakukan

Koleksi Buku
Bahasa Indonesia: 6.204 judul/14.403 eks.
Bahasa Arab: 3.571 judul/5.709 eks.
Bahasa Inggris: 2.600 judul/4.880 eks.
Koleksi perpustakaan Anak: 2.570 judul/4.150 eks.
Koleksi Terbitan Berkala terdiri atas majalah, buletin dan surat kabar
Koleksi Audio Visual meliputi DVD, VCD, CD dan Kaset tentang ceramah agama, qiraat, dialog, kisah-kisah teladan, bermain dan bernyanyi, pelajaran bahasa Arab, kaifiyat shalat, ensklopedia ana muslim, dan lain-lain

Untuk jadwal layanan dari Perpustakaan Masjid Istiqlal yaitu:

Senin – Jumat : 09.00 – 15.00
Sabtu: 09.00 – 12.00
Ahad dan libur hari-hari besar perpustakaan TUTUP

Jika anda ingin datang dan berkunjung ke Perpustakaan Masjid Istiqlal, silahkan datang langsung ke Masjid Istiqlal tepatnya ada pada Ruang 7 yang lokasinya ada di dalam.

Jika anda ingin bertanya langsung terkait dengan keberadaan Perpustakaan Masjid Istiqlal, silahkan anda bisa menghubungi Contact di Nomor Telp/Fax 021-3850432.

Anda juga bisa melihat koleksi-koleksi judul buku yang ada di Perpustakaan Masjid Istiqlal melalui katalog Online Perpustakaan Masjid Istiqlal.(*/Sumber:dakwahsyariah.blogspot.com)

Back to top button