BERITA TERKINISUMSEL

Herman Deru :  Ajak Anak-anak Gemar Membaca dengan Kasih Sayang

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM — Membuat masyarakat terkhusus anak-anak agar gemar membaca di Era digital merupakan PR bagi sebagian banyak orang tua.

Ada beberapa cara agar masyarakat gemar membaca contohnya membuat Taman baca dan Mobil baca Keliling.

Oleh sebab itu, Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan mengadakan seminar sehari ikatan pustakawan Indonesia (IPI) Sumatera Selatan dengan tema ‘Peran pustakawan di Era digital’ sekaligus penobatan Duta Literasi Sumsel, Selasa (27/11/2018) di Aula Perputakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru mengatakan ke depan akan ditargetkan setiap  taman ada taman baca.

“Kita targetkan setiap Taman terkhususnya bagian Kabupaten dan desa adakan Taman baca,” katanya

Lihat Juga :  Kegalauan Kartika Putri, Pakai Niqab Didiskriminasi di Bandara

Ia juga mengkritisi agar Mobil baca Keliling tidak hanya digunakan ketika Acara seremonial saja, Namun kendaraan dibelikan untuk menggugah minat baca bagi masyarakat.

“Saran saya bagi para petugas yang terkait agar mengajak anak-anak agar gemar membaca dengan kasih sayang serta fleksibel dan juga tugas Duta Literasi dan Duta baca diharapkan harus banyak turun ke lapangan ” katanya usai melakukan penobatan Duta Literasi Sumatera Selatan di Perpustakaan Daerah Provinsi Sumsel.

Kepala Dinas perpustakaan daerah Provinsi Sumsel, Mislen, SE, MM mengatakan masyarakat yang datang ke perpustakaan sedikit menurun dikarenakan tempat yang kurang nyaman, namun untuk weekend ramai di kunjungi bisa sampai 200an lebih.

Lihat Juga :  Hikmah Cucian Tetangga kok Gak Bersih

“Yang lebih mendominasi 70% Anak kuliahan dan umum serta 30% anak-anak, kita juga ada perpustakaan Anak-Anak dari paud hingga SD, bioskop mini untuk anak, serta tempat diskusi untuk anak kuliahan,” katanya.

Ia menambahkan dengan banyaknya judul buku sekitar 2600an dan judul dan eksamplarnya ada 800 ribu serta buku Khusus Tuna netra, Untuk kedepan, target perpustakaan akan dibentuk E-book Walaupun kita ketinggalan dengan Provinsi lain.

“Selama tiga tahun terakhir kita belum membeli buku untuk perpustakaan dikarenakan anggaran yang belum ada, namun kita tetap bantu memberi buku keKabupaten dan desa, insyaallah 2019 Ada anggaran.(*)

Penulis: Tri Jumartini Ilyas

Close