Uncategorized

Gelar Pelatihan Kader Kampung Iklim, Berharap Masyarakat Lebih Peduli Lingkungan

LHK Ajak 18 Kecamatan ikut Pelatihan Kader Kampung Iklim

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM — Guna memberikan pemahaman Kampung Iklim, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang mengadakan Pelatihan Kader Kampung Iklim dari 14-15 November 2018 di Ballroom Hotel Swarna Dwipa.

Program Kampung Iklim ini merupakan program nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup yang bertujuan untuk menjawab permasalahan yang saat ini terjadi secara global, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Kualitas Lingkungan Kota Palembang, Reni Sefriany, usai memberikan materi.

” Kegiatan hari ini pelatihan, masyarakat dari 18 kecamatan yang diwakili 5 orang, sudah atau pernah melakukan pengelolaan lingkungan, kegiatannya memberikan informasi Program kampung iklim kepada masyarakat dan melatih bagaimana pemahaman mereka terhadap apa yang telah dilakukan,”katanya.

Lihat Juga :  Hidupkan Nuansa Islami, DPC PPP Kota Palembang Gelar Lomba Hadroh

Ia juga menambahkan kegiatan seperti ini sebenarnya sudah dilakukan oleh masyarakat, tapi banyak yang belum mengerti bahwa kegiatan yang mereka termasuk program mitigasi dan adaptasi.

“Contohnya, pemanfaatan lahan pekarangan termasuk upaya adaptasi perubahan iklim, yang sering dilakukan masyarakat, dengan menanam tanaman.
Masyarakat yang mengelolah sampah, diolah menjadi bahan berguna,dengan itu mereka Sudah melakukan program mitigasi,” ujarnya.

Inti dari kegiatan ini guna mengajak untuk melakukan dokumentasi atas apa Yang mereka lakukan di daerah masing – masing.

“Pendokumentasian bisa dalam bentuk tulisan, foto atau video,Tujuannya untuk mendata masyarakat mana yang sudah melakukan kegiatan pengendalian dampak perubahan iklim. Contohnya warga kecamatan sukarame yang memanfaatkan limbah sapi menjadi energi gas,”Katanya.

Lihat Juga :  "Kembalikan Udara Segar Kami", Siswa SD-TK Tahfizh Plus Khoiru Ummah Palembang Bacakan Surat Terbuka Terkait Asap

Kota Palembang sendiri, Sejak 2015 secara berturut – Turut mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup terkait program kampung iklim.

“penghargaan dari kementrian Lingkungan hidup nasional terkait program kampung iklim yaitu gandus, sukarame, ilir timur II dan plaju. Penghargaan disampaikan oleh Balai Pengendalian perubahan iklim (BPPI),”katanya.

Ia juga berharap, agar masyarakat semakin banyak yang lebih peduli terhadap lingkungan, bukan hanya perubahan iklim tapi untuk pengelolaan lingkungan.

“Karena, fokus perubahan lingkungan iklim mendasar di tengah masyarakat,” tutupnya.(*)

Penulis: Tri Jumartini Ilyas

Back to top button