Uncategorized

Hukum Arisan Menurut Islam

ASSAJIDIN.COM — Di kehidupan bermasyarakat terutama di Indonesia ada semacam budaya mengadakan arisan dalam sebuah kelompok masyarakat atau keluarga. Bagaimana pandangan menurut Islam?

Dikutip dari laman konsultasisyariah.com, arisan termasuk urusan muamalat manusia, dan kaidahnya “Asal dalam muamalah adalah boleh sampai ada dalil yang melarangnya”.

Bahkan, arisan merupakan salah satu bentuk sosial yang dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan sesama.

Syaikh Ibnu Utsaimin berkata, “Arisan hukumnya adalah boleh, tidak terlarang. Barangsiapa mengira bahwa arisan termasuk kategori “memberikan pinjaman dengan mengambil manfaat” maka anggapan tersebut adalah keliru, sebab semua anggota arisan akan mendapatkan bagiannya sesuai dengan gilirannya masing-masing”.

Lihat Juga :  Alhamdulillah, Jembatan Musi IV Sudah Bisa Dilintasi, Plaju-Boom Baru Lebih Cepat Sampai

(Syarh Riyadhus Shalihin, 1:838)

Ringkasnya, arisan hukumnya boleh bahkan memiliki manfaat. Namun perlu diingatkan bahwa dalam acara arisan hendaknya diisi dengan sesuatu yang bermanfaat seperti pengajian, nasihat atau hal-hal yang bermanfaat, minimal adalah perkara-perkara yang mubah, janganlah mengisi acara arisan dengan hal-hal yang haram seperti yang banyak terjadi, seperti: minum minuman keras, ghibah, mendengar nyanyian, senda gurau yang berlebihan dan lain sebagainya.wallahualam bishawab.(*)

Back to top button