Uncategorized

Dulu Shalat Sering Bolong, Bagaimana Cara Menggantinya?

 

AsSAJIDIN.COM — Assalamualaikum,  Ustad dulu saya sering meninggalkan shalat fardu,dan saya ingin bertanya  tolong di jawab Bagaimana cara mengganti shalat yg dulu tertinggal Apa boleh di qodo

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Meninggalkan shalat dengan sengaja dikarenakan malas atau yang sejenisnya merupakan perbuatan dosa besar yang sangat berbahaya untuk agama seseorang bahkan sebagian Ulama’ berpendapat bahwa islamnya batal dengan meninggalkan shalat.

Ulama’ yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya: Seseorang pernah melakukan salat sebelumnya. Namun kemudian dia tidak menjalankannya selama satu atau dua bulan, atau bahkan lebih.
Akan tetapi Allah Ta’ala masih memberikan hidayah kepadanya untuk kembali ke jalan yang benar. Apakah orang seperti ini wajib melaksanakan qadha (mengganti) salat yang ditinggalkan?

Lihat Juga :  Deru: Panggilan Kedua Cucu Merupakan Kombinasi Nama kakek dan Nenek

Mereka menjawab: Siapa pun yang meninggalkan salat selama satu atau dua bulan, atau dalam jangka waktu yang lebih pendek ataupun lebih panjang dari itu, maka dia harus memperbarui keislamannya, bertobat kepada Allah dengan sungguh-sungguh, dan menyesali atas perbuatan itu.
Sebab, meninggalkan seluruh salat fardu merupakan tindakan kufur terbesar. Pelakunya dianjurkan untuk memperbanyak ibadah-ibadah sunnah dan merendahkan diri di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Semoga Allah memaafkan, menghapus kesalahan, dan menerima tobatnya. Dia hanya wajib bertobat atas kesalahan yang dilakukan sebelumnya dan tidak perlu meng-qadha.

Lihat Juga :  Harga Gula Pasir Merangkak Naik, ini Penyebabnya

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.(*/sumber: Asyshamil.com/diasuh oleh Ustad Mukhisn Suaidi LC MEI)

Back to top button