PENDIDIKAN

Intip, Inilah 15 Sekolah Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia

ASSAJIDIN.COM — Madrasah Aliyah (MA) adalah jenjang sekolah lanjutan setelah menamatkan SMP ataupun MTs. Di Indonesia sendiri terdapat 9.131 MA dan 64 di antaranya masuk ke dalam MA terbaik versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai UTBK 2021.

Perlu diketahui, Madrasah Aliyah sama seperti SMA pada umumnya. Hanya saja, SMA dikelola oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan MA dikelola oleh Departemen Agama.

Madrasah Aliyah sendiri dibagi menjadi dua yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS).

Nah, jika orangtua  tertarik untuk memasukkan anak melanjutkan pendidikan ke MA, 15 Madrasah Aliyah terbaik di Indonesia ini bisa dijadikan referensi.

Dikutip dari laman resmi LTMPT pada Selasa (9/8/2022), berikut urutan peringkat 15 MA terbaik di Indonesia berdasarkan nilai UTBK 2021.

1. MAN Insan Cendekia Serpong

MAN Insan Cendekia menempati peringkat 1 ranking nasional dan provinsi. Madrasah Aliyah tersebut terletak di Jl. Cendekia, BSD Sektor XI, Serpong, Tangerang Selatan.

2. MAN Insan Cendekia Gorontalo

Terletak di Kabupaten Bone Bolango, MAN Insan Cendekia Gorontalo menempati ranking nasional urutan ke-25 dan ranking provinsi ke-1.

3. MAN Insan Cendekia Pekalongan

Madrasah Aliyah yang satu ini masuk ke dalam urutan ke-34 pada peringkat nasional dan ranking 2 provinsi Jawa Tengah.

Lihat Juga :  102 Kota di Indonesia Dibolehkan New Nomal, ini Nama-namanya

4. MAN 2 Kota Malang

MAN 2 Kota Malang terletak di provinsi Jawa Timur. Ranking nasional yang diperoleh yaitu urutan ke-35, kemudian jika berdasarkan peringkat provinsi Jawa Timur, MA yang satu ini menempati urutan ke-4.

5. MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

Madrasah Aliyah terbaik selanjutnya yaitu MAN Insan Cendekia Padang Pariaman. MA tersebut menempati ranking nasional urutan ke-70 dan ranking 3 provinsi Sumatera Barat.

6. MAN Insan Cendekia Kota Batam

Selanjutnya, Madrasah Aliyah terbaik di Indonesia adalah MAN Insan Cendekia Kota Batam dengan ranking nasional ke-126 dan ranking 1 provinsi Kepulauan Riau.

7. MAN Insan Cendekia OKI Sumatera Selatan

MAN Insan Cendekia Oki menempati ranking ke-134 pada ranah nasional dan ranking 1 provinsi Sumatera Selatan.

8. MAN Insan Cendekia Jambi

Lagi-lagi MAN Insan Cendekia masuk ke dalam Madrasah Aliyah terbaik di Indonesia. Kali ini, MAN Insan Cendekia yang terletak di Kabupaten Muaro Jambi meraih peringkat nasional ke-147 dan ranking 1 provinsi Jambi.

9. MAN Insan Cendekia Lombok Timur

MAN Insan Cendekia Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat menempati peringkat nasional ke-156 dan peringkat pertama provinsi.

Lihat Juga :  UBD Buka Kesempatan Jurnalis Kuliah S2, SPP per Semester Segini, Bisa Diangsur 6 Kali

10. MAS Zakaria

Selanjutnya ada MAS Zakaria yang terletak di kota Bandung. Sekolah ini meraih peringkat nasional ke-168 dan ranking 22 provinsi Jawa Barat.

11. MAN 1 Yogyakarta

Madrasah Aliyah terbaik di Indonesia selanjutnya yaitu MAN 1 Yogyakarta yang terletak di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Ranking nasionalnya urutan ke-174 dan ranking provinsinya urutan ke-20.

I2. MAN 2 Kudus

MAN Kudus menempati ranking nasional ke-179 dan ranking provinsi Jawa tengah ke-32.
Baca juga:
Daftar 15 Sekolah Swasta Terbaik di Indonesia, Jakarta Mendominasi
13. MAN Insan Cendekia Tanah Laut

Lalu, Madrasah Aliyah terbaik selanjutnya adalah

13. MAN Insan Cendekia Tanah Laut yang terletak di kabupaten Tanah Laut, provinsi Kalimantan Selatan. Peringkat nasionalnya urutan ke-191 dan provinsinya menempati urutan ke-2.

14. MAS Perguruan Islam Ar Risalah

Kemudian ada MAS Perguruan Islam Ar Risalah yang menempati ranking nasional ke-208 dan ranking provinsi Sumatera Barat ke-8.

15. MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri meriah ranking nasional ke-223 dan ranking provinsi Jawa Timur ke-36.

Nah, itulah 15 Madrasah Aliyah terbaik berdasarkan pemeringkatan LTMPT. Mana yang diminati? (*/Sumber: detik.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button