KELUARGAUncategorized

Beginilah Seharusnya Hidup Bertetangga Menurut Rasulullah

AsSAJIDIN.COM – Dikutip dari kitab al-Wafi fi Syarhil Arba’in al-Nawawiyah disebutkan bahwa di antara tanda kesempurnaa iman dan Islam adalah berlaku baik kepada tetangga dan tidak menyakitinya. Dalam firman-Nya, Allah SWT telah mensejajarkan perintah berbuat baik kepada tetanga dengan perintah untuk beribadah hanya kepada-Nya.

“Dan beribadahlah kepada Allah dan janganlah menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Berbuat baiklah terhadap orang tua, kerabat dekat, anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat.” (An-Nisa’:36).
Berikut ini adalah beberapa perbuatan baik kepada tetangga yang dianjurkan Rasulullah;

1. Membantu Kebutuhan Tetangga

Membantu kebutuhan tetangga merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan oleh umat Islam untuk tetangganya. Banyak sekali hadis dan riwayat yang menganjurkan untuk membantu kebutuhan tetangga sebagaimana riwayat-riwayat berikut.

Lihat Juga :  Home Run Kitten Favored in Competitive San Simeon

Imam al-Bukhari meriwayatkan bahwa Ibn ‘Abbas menceritakan kisahnya kepada Ibn Zubair bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda:

“Jangan sampai seorang mukmin kenyang sedang tetangganya kelaparan.”

Hakim meriwayatkan bahwa Rasullah saw. Bersabda, “Tidaklah sempurna iman orang yang tidur dalam keadaan kenyang sedangkan tetangganya kelaparan, padahal ia mengetahui.”

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Dzar ra. bahwa Rasulullah saw. Pernah berpesan kepadanya, “Jika kamu memasak masakan yang berkuah, maka banyakanlah airnya. Lalu berikan mereka bagian.”

2. Berbuat Yang Bermanfaat untuk Tetangga

Meskipun harus mengorbankan haknya, umat Islam dianjurkan untuk menghormati tetangga. Dalam sebuah hadis, Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah saw. Bersabda: ”Jangan sampai kamu melarang tetanggamu memasang kayu pada dindingmu.”

Lihat Juga :  Viral Mall Ramai Pengunjung, Pemkot Akan Pantau Mall Yang Tidak Patuh Protokol Kesehatan

3. Memberi Hadiah

Memberi hadiah termasuk cara untuk berbuat baik kepada tetanga. Terutama dalam event-event tertentu. Imam al-Bukhari meriwayatkan dari Aisyah ra., bahwa Rasulullah saw., bersabda, “Janganlah merendahkan hadiah kepada tetangga meskipun hanya tulang yang sedikit sekali dagingnya.” Hadis ini merupakan anjuran untuk memberi hadiah kepada tetangga dalam keadaan apapun.

Tiga hal di atas adalah hal sederhana yang dapat dilakukan oleh umat Islam untuk mempererat hubungan antar sesama, terutama dalam bertetangga. Perilaku-perilaku tersebut sangat terpuji dan banyak sekali mendatangkan pahala bagi siapapun. Wallahu a’lam. (*/sumber:hirakahislamiyah.com)

Back to top button