MOZAIK ISLAM

Manfaat Membiasakan Anak Subuh Berjamaah di Masjid Sejak Dini

 

ASSAJIDIN.COM — Di beberapa ruas jalan di jalan simpang Dogan, terlihat ada baliho bertuliskan ajakan untuk ke masjid, memang tulisan-tulisan tersebut tak biasa karena biasanya baliho yang ada di sejumlah jalan Jend. Sudirman di kota Palembang , lebih banyak bertuliskan iklan komersil.

Namun di jalan Palembang jalan kopral Anwar dan beberapa jalan lainnya terdapat ajakan sholat subuh berjamaah di masjid salah satunya berbunyi, yuuk sholat subuh berjamaah di masjid. Selain di jalan tulisan serupa enam bulan terakhir ini banyak ditemukan pada spanduk yang ada depan masjid-masjid di kota Palembang pemandangan tersebut muncul seiring adanya gerakan subuh berjamaah yang dicanangkan oleh Pemkot Palembang belum lama ini.

Walaupun, program ini baru berjalan beberapa bulan, namun cukup bisa mengubah pemandangan yang ada di masjid masjid Palembang biasanya setiap subuh banyak masjid yang senyap. Terlihat, jamaahnya hanya beberapa baris saja, itupun didominasi oleh orang yang sudah lanjut usia. Tapi sekarang barisan jamaah yang sholat subuh mulai bertambah anak-anak dan remaja pun, mulai banyak yang ikut eksis sholat berjamaah.

Lihat Juga :  Mengajarkan dan Membiasakan Ananda Sholat Subuh di Masjid

Sebenarnya apa manfaat sholat berjamaah tersebut bagi perkembangan anak? Bagaimana membiasakan anak untuk sholat subuh berjamaah ? Dan bagaimana dampak luas untuk lingkungan sekitar sendiri ?

Sholat berjamaah sangat banyak manfaat untuk anak-anak terutama membiasakan anak untuk sholat subuh berjamaah. Karena banyak hal yang bisa dibangun dari sholat subuh berjamaah diantaranya berdisiplin soal waktu belajar tugas dan tanggung jawab bersilahturahim dan belajar bagaimana bersikap. “Tapi point penting dari sholat subuh berjamaah ini adalah keteladanan, ujar Ketua Masjid Darul Mukminin jalan Pangeran Ayin Sako Palembang, Ustad M Husin SAg Husin.

Husin mengatakan , membiasakan anak untuk sholat subuh berjamaah pun perlu role model (panutan model) sehingga menuntut seorang ayah untuk konsisten sholat subuh berjamaah ke masjid dan sebagai contoh teladan.

“Jadi gak bisa membiasakan anak pergi berjamaah ke masjid sementara ayahnya masih tidur nyenyak belum bangun,,”katanya.

Lihat Juga :  Jauhi Menyekutukan Allah, Ustadz Faizar : Cari Pesugihan? Datanglah ke Masjid

Membiasakan anak sholat berjamaah, kata dia bisa mulai dilakukan serius pada anak yang berusia di atas 7 tahun. Sedangkan untuk anak di bawah 7 tahun bukan sesuatu yang diharuskan tapi diajak ketika mampu.

Selain pada anak, kata dia, pembiasaan sholat subuh berjamaah ini belum terlambat diterapkan untuk anak usia remaja untuk anak berusia remaja pun tetap membutuhkan keteladanan, karena akan sulit untuk memulai kebaikan kalau tak ada contoh dari orang tuanya dan terus menerus membiasakan kebiasaan baik.

Husin yakin pembiasaan sholat berjamaah pada remaja pun akan berdampak positif karena, walaupun secara empirik data di lapangan belum ada penelitian tapi ini bisa membuat anak menjadi tangguh. Sehingga bisa ikut menekan kenakalan remaja narkoba. Dll
“In syaa Allah banyak keberkahan yang mengalir karena sholat subuh berjamaah. Terutama bagi laki-laki muslim sejati,” demikian Husin.(*)

Kiriman tulisan : Yoshie

Back to top button