PENDIDIKANSEHAT

Kadisdik Sumsel Edukasi Pedagang Kantin Tentang Makanan Sehat

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM – Balai Besar POM kota Palembang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) bersama Dinas Pendidikan Sumsel di beberapa sekolah yang terdapat di kawasan Kertapati Palembang. Inspeksi Mendadak (sidak) ini dilakukan untuk membuktikan apakah jajanan di kantin sekolahtersebut dapat dikategorikan makanan sehat atau tidak untuk dikonsumsi.

Dari sidak yang dilakukan kadisdik bersama BPOM, hasilnya beberapa sampel jajanan di SMAN 9, petugas masih menemukan bahan makanan yang mengandung zat berbahaya. Salah satunya tahu isi yang positif berformalin. Dra. Dewi Prawitasari, Mkes selaku kepala Balai Besar POM di Palembang mengatakan jika masih terdapat formalin dibeberapa jajanan yang berada di kantin.“Ada satu yang mengandung formalin yaitu tahu isi. Dari temuan ini kita harus edukasi pedagang agar mereka tidak membeli bahan tahu kepada pedagang yang sama,” katanya. Rabu, (26/9/18).

Pemeriksaan ini dilakukan mulai dari saos makanan, mie basah, tahu, pempek dan makanan kemasan juga harus diwaspadai. Karena bukan makanan kemasan saja yang berpotensi membahayakan, tetapi makanan yang sudah dimasak juga. “Kita lakukan sosialisasi ke mereka, agar mengenali jenis makanan, kemasan, labelnya, izin edarnya, lalu prosesnya. Termasuk penggunaan gelas dan piring plastik maupun bahan styrofoam dan kertas warna cokelat,” tambahnya.

Lihat Juga :  Tak Bisa Daring, Manajemen SMAN 15 "Jemput Bola" Datangi Siswa

Menurutnya, jika panganan ini tetap dibiarkan maka akan menimbulkan penyakit jangka panjang. Seperti kanker dan gangguan pencernaan. “Memang harus dimulai dari lingkungan sekolah, karena selain dapat makanan dari rumah anak-anak juga pasti jajan di sekolah. Makanya itu menjadi salah satu prioritas kami untuk mengedukasi pedagang agar menyediakn jajanan yang sehat,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Disdik Sumsel, Drs. H. Widodo MPd. Mengatakan jika hampir setiap sekolah pasti ada kantinnya. Bisa jadi sumber kesehatan dan bisa juga menjadi sumberpenyakit. “Kita hanya bisa mengedukasi sekolah termasuk pedagangnya. Kalau memang faktanya sebagian yang dijual tidak sehat,” ungkapnya.

Lihat Juga :  Masya Allah !!! Efek Mengerikan Obat Paracetamol Cafein Carisoprodo, 66 Orang sudah Jadi Korban, Bahkan Masuk Rumah Sakit Jiwa

Selain bahan makanan, pihaknya juga harus memastikan lingkungan kantin yang bersih dan sehat. “Termasuk habis memasak minyaknya jangan dibuang sembarangan. Sekolah juga harus menyiapkan tempat pembuangan limbah kantin khusus agar bisa menciptakan lingkungan yang sehat,” terangnya.

Selain ke SMAN 9 Palembang, rombongan juga melakukan sidak ke dua sekolah lainnya seperti SMKN 8 dan SMA Bina Jaya Palembang. Sidak kali ini sendiri diharapkan bisa menjadi contoh bagi beberapa sekolah lain. Karena memang saat ini hanya mengambil sampling di beberapa sekolah saja. “Disdik Sumsel dan BBPOM akan terus memonitor, nanti juga akan mendatangi sekolah lainnya untuk mengecek kantin sekaligus dlm rangka sosalisai,” ujarnya.(*)

reporter : Siti Umnah

Back to top button