Uncategorized

Cara Mudah Paham Alquran (1)

Oleh: Sukardi SThI
Fasilitator Paham Qurani dan Kerja Nyata Sosial

AsSAJIDIN.COM — Alquran adalah pedoman hidup bagi seluruh manusia, tentulah yang mempunyai kitab tersebut mengetahui kemampuan makhlukNya dan pasti Dia tidak akan mempersulit siapa saja yang mau memahami pedoman hidupnya.
Namun sangat disayangkan ada oknum yang berkata bahwa untuk memahami alquran harus tahu Bahasa arab, nahwu, sharaf, balagha mantiq bayan dll. Akhirnya manusia takut dan malas untuk memahaminya.
Ada beberapa tahapan yang harus diikuti kalau mau memahami alquran dengan mudah

Lihat Juga :  Menempuh Perjalanan Berwisata, Bolehkah Shalat Di-qashar ?

1. Berniat Ingin Mendapatkan Ridho Allah

Firman Allah Q.S Albaqarah (2) :207
Artinya: Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada
hamba-hamba-Nya. Agar hidup diridhai Allah maka jangan mengikuti hal yang tidak diketahui sumbernya, karena pendengaran dan penglihatan akan diminta pertanggungjawabanya.

2. Alquran harus dibaca
Firman Allah Q.S Al Ankabut (29) ayat 45, Artinya: Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih utama. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Lihat Juga :  Shalat Tarawih bagi Muslimah Lebih Baik di Masjid Ataukah di Rumah?

3. Al Quran harus diterjemahkan ke dalam bahasanya masing-masing agar mengerti artinya.
Firman Allah Q.S Addukhan (44) ayat 58, Artinya : Sesungguhnya Kami mudahkan Al Qur’an itu dengan bahasamu supaya mereka mendapat pelajaran. (bersambung)

Back to top button