Ekonomi & BisnisHeadlinePendidikanUtama

Astra Motor Sumsel gelar Regional Technical Skill Contest 2018 untuk siswa SMK

PALEMBANG, ASSAJIDIN.COM — Astra Motor Sumsel menggelar Technical Skill Contest For Technical High School atau Technical Kontes bagi Siswa Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang diselenggarakan di Astra Motor Plaju, Rabu-Kamis, 12-13 September 2018.

Memasuki pelaksanaan tahun ke-9, di Palembang kegiatan ini diikuti oleh 14 siswa kelas XII jurusan Teknik Sepeda Motor dari 14 sekolah binaan yang sebelumnya sudah melewati seleksi dari masing-masing sekolahnya untuk mengikuti kontes tingkat regional ini.

Technical struktur, Tri Iwantoro menjelaskan, dalam kontes ini materi yang diujikan kepada para peserta pada saat penyisihan meliputi ujian teori dan kerja bangku yang disesuaikan dengan kurikulum teknik sepeda motor yang di ajarkan di setiap SMK TBSM Astra Honda.
“Untuk peserta dibagi menjadi 2, pertama ada yang mengerjakan soal teori terlebih dahulu dan diberi waktu 1 jam. Yang kedua mengerjakan praktek terlebih dahulu, yang praktek ini dibagi menjadi 6 pos dan masing-masing pos diberi waktu 15 menit,” jelasnya.

Lihat Juga  Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, TKW Asal Majalengka Dieksekusi Mati Arab Saudi tanpa Notofikasi kepada Pemerintah Indonesia

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan Dalam rangka menciptakan generasi muda yang berkualitas dan terampil di dunia kerja serta sebagai bentuk kepedulian Honda di dunia pendidikan.
“Acara ini dibuat untuk mengembangkan kemampuan siswa agar kedepannya memiliki keterampilan, dan juga dengan adanya acara ini kita bisa melihat feedback dari apa yang sudah diajarkan guru selama ini terhadap siswa-siswa tersebut,” lanjutnya.

Manager Technical Service Departemen Achmad Wahyudi mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan skill siswa SMK Binaan Honda Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor di seluruh Sumatera Selatan sesuai dengan kebutuhan industri. “Ajang Technical Contest for Technical High School ini diharapkan dapat menciptakan bibit unggul yang siap kerja khususnya Di industri otomotif,” kata Achmad Wahyudi.

Lihat Juga  One Day One Ayat : Istiqomah dan Kekuatan Surat Al Ashr

Selanjutnya, melalui kegiatan ini nantinya 1 orang terbaik di kontes ini akan mewakili Sumatera Selatan di ajang Honda Technical Skill Contest for Technical High School tingkat Nasional di Jakarta pada Oktober mendatang.
“Dari hasil kontes ini akan diambil satu peserta terbaik untuk ke tingkat nasional pada tanggal 17-19 Oktober mendatang yang diadakan di Jakarta,” ujarnya.

Abianu Fitri selaku guru dari salah satu peserta mengaku bahwa sudah mempersiapkan semuanya sejak beberapa bulan lalu. “Kita sudah mempersiapka semuanya dari 4 bulan lalu mbak, mulai dari teori sampai praktek selalu diberikan kepada siswa yang terpilih. Dan kita juga pastinya optimis untuk menang, karena sudah lama mempersiapkan dan sudah banyak keluar dana juga,” tutupnya.(*)

Penulis: Adetia

Berita Terkait

Close