NASIONAL

Memaknai Kemerdekaan dengan Rasa Syukur

ASSAJIDIN.COM-– Menginjak 73 tahun Negera Kesatuan Republik Indonesia, banyak agenda dan kegiatan disiapkan guna memeriahkan hari kemerdekaan. Bagaimana Islam memandang peringatan hari kemerdekaan?

Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia KH Ahmad Satori Ismail mengatakan, Islam memiliki panduan kepada setiap Muslim untuk memperingati hari kemerdekaan.  ‎”Memaknai 17 Agustus bagi umat Islam adalah menyukuri nikmat kemerdekaan,” katanya dikutip dari republika.co.id

Seperti apa cara mensyukuri kemerdekaan yang Islami dan pasti dicintai penciptanya alam semesta ini yaitu Allah SWT. “Dengan menjaga NKRI, melindungi tanah air bersama rakyat agar merdeka dalam artian yang sebenarnya,” ujarnya.

Lihat Juga :  Sekda Kota Palembang Ratu Dewa : Cukup Tunjukkan KTP, Warga Palembang Dijamin Gratis Berobat

Misalnya merdeka dari penjajahan ekonomi, penjajahan pendidikan, kebudayaan, penjajahan sosial dan bentuk penjajahan lainnya. Kegiatan-kegiatan itulah yang menurut Islam sebagai rasa syukur Allah telah memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

“Seperti yang ditulis dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 aline ke tiga. “atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa dan dengan didorong oleh keinginan yang luhur…,” kata Kiai Satori.(*)

Back to top button