HeadlineNasionalPolitikUtama

Bukan Mahfud MD,  Jokowi Gandeng Ketua MUI Ma’ruf Amin sebagai Cawapres

 

JAKARTA, AsSAJIDIN.COM – Joko Widodo resmi menunjuk Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden yang bakal mendampinginya pada pilpres tahun depan. Ketika mengumumkan itu Jokowi diapit Megawati Soekarnoputri dan Surya Paloh, di hadapan puluhan wartawan.

“Saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari parpol koalisi, yaitu Koalisi Indoensia Kerja, bahwa yang akan dampingi saya sebagai calon wakil presiden 2019-2024 adalah profesor doktor KH Ma’ruf Amin,” kata Jokowi, di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018) bada magrib.

Jokowi mengatakan keputusan ini diambil setelah mendengar masukan dari berbagai elemen, termasuk para ulama, ketua umum partai, seluruh pengurus partai, relawan, “dan tentunya aspirasi dari masyarakat luas.”

Keputusan ini di luar dugaan dan di luar ekspektasi. Sebelumnya santer, bakal pendamping Jokowi adalah pakar hukum juga dai Prof Mahfud MD. Tapi ternyata yang dipilih Jokowi adalah KH Ma’ruf Amin.

Kenapa Ma’ruf? Menurut Jokowi alasannya adalah karena pria kelahiran 11 Maret 1943 adalah sosok yang lengkap.

“Ma’ruf Amin adalah sosok tokoh agama yang bijaksana. Beliau pernah duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR, MPR, Watimpres, Rais Aam PBNU, dan Ketua MUI,” kata Jokowi.

Jokowi berharap dia bisa melanjutkan pembangunan pada periode kedua. Katanya, demi meneruskan mimpi besar berupa “pembangunan yang merata, dan berkeadilan di seluruh pelosok nusantara.”(*/sumber:tirto.id)

Berita Terkait

Close