Berita TerkiniHaji & Umroh

Arab Saudi Siapkan 7,5 Juta Botol Air Zamzam untuk Jemaah Haji

MAKKAH, AsSAJIDIN.COM — Kantor Zamazemah United di Makkah berencana untuk mendistribusikan 7,5 juta botol air zamzam selama musim haji tahun ini. Laporan dari saluran Pemerintah Arab Saudi, Saudi Al-Ekhbariya menyatakan, nantinya botol minuman itu dikhususkan untuk jamaah haji.

Botol-botol itu akan didistribusikan di pusat-pusat di Makah kepada para jamaah haji yang tiba. Mereka pun akan mendapatkan bingkisan air zamzam yang akan dibawa pulang ke negara asal.

Wakil ketua dewan direksi kantor Zamazemah United dikutip dari republika.co.id, mengatakan, distribusi akan dimulai di pusat-pusat di Makkah dan Jeddah. Setidaknya 134 pekerja telah direkrut untuk melaksanakan proyek tersebut, dikutip dari Arabnews, Selasa (7/8).

Lihat Juga :  Ngakunya Beriman, Tapi Enggan Bersyariat

Pendistribusian air zamzam untuk jamaah haji pun telah bertambah jumlahnya. Tahun lalu hanya tiga juta botol yang didistribusikan selama Haji.

Jamaah dari berbagai negara mengambil air Zamzam untuk minum di sela ibadah mereka, baik yang berumrah, shalat, maupun tawaf sunnah dan lainnya. Beberapa pengunjung ada yang membawa alat tampung untuk air zamzam, baik berupa botol, jerigen, maupun wadah plastik lainnya.

Pengelola Masjidil Haram menyediakan gelas plastik sekali pakai yang bisa digunakan untuk menampung air Zamzam berukuran kurang dari 200 mililiter. Di sekitar keran air, terdapat kotak sampah untuk membuang gelas sekali pakai itu.

Tampak juga sejumlah petugas kebersihan dan keamanan menjaga kawasan itu agar tetap kondusif. Antrean jamaah yang akan meminum air Zamzam akan makin panjang ketika makin mendekati masa puncak haji.(*)

Berita Terkait

Close