HAJI & UMROH

Musim Haji, Suhu Mekah Diprediksi 53 Derajat, Calon Jemaah Haji Diminta Siapkan ini

 

AsSAJIDIN.COM — Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Eka Jusup Singka, mengatakan, akan membagikan sandal untuk para jemaah asal Indonesia di Tanah Suci. Pembagian sandal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan panasnya cuaca di Tanah Suci pada musim haji tahun ini.

“Biasanya mereka (para jemaah haji) sandalnya ketinggalan. Bahaya, kakinya bisa terbakar,” kata Eka di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu 27 Mei 2018.

Menurut Eka, jemaah yang kehilangan sandal akan mendapat pengganti secara cuma-cuma. Selain sandal, tambah Eka, tim kesehatan haji juga akan membagikan payung, masker, dan penyemprot muka untuk menghadapi cuaca panas.

Lihat Juga :  Doa Perjalanan Pulang Jemaah Haji ke Indonesia dan Adabnya

Eka mengatakan, rata-rata suhu di Arab Saudi pada musim haji 2018 akan mencapai 53 derajat Celcius. Tingkat cuaca itu berisiko terhadap masalah kesehatan, semisal heatstroke.

Untuk itu, Eka berpesan agar para jemaah menjaga kesehatan tubuhnya dengan cara mengonsumsi buah-buahan dan latihan fisik. ” Jalani pemeriksaan kesehatan dengan baik,” ucap dia.

Selain itu, dia meminta jemaah haji menjaga kebersihan makanan. ” Jangan sampai makan makanan basi, ” ucap dia. (*/sumber: dream.co)

 

 

Back to top button