Uncategorized

Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Puasa yang Sering Terabaikan karena Siaran TV

Oleh : Alwi bin Ali Alhabsyi

AsSAJIDIN.COM — Ada suatu waktu yang mustajab untuk berdoa, dimana doa tersebut tidak akan ditolak oleh Allaah SWT, yaitu berdo’a saat “menjelang berbuka puasa” dan “menjelang makan sahur”. Namun sayang banyak kaum muslimin tidak mengetahuinya.

Di Mekkah & Madinah, satu jam sebelum adzan maghrib orang-2 sudah menengadahkan tangan ke langit berdoa untuk kemudahan dari segala hajat, baik hajat dunia maupun akhirat, mereka berdo’a dengan syahdu sepenuh keyakinan, sampai-sampai air mata mereka mengalir deras.

Ya, berdo’a meminta kepada Allah Yang Maha Kaya.

Lihat Juga :  Astaghfirullah, Suami Tega Bunuh Istri Berprofesi Guru di Lubuklinggau

Kesalahan yang dilakukan kaum muslimin kita di sini (Indonesia) yaitu dengan menyia-nyiakan waktu yang sangat mustajab ini dengan cara ngabuburit menjelang adzan maghrib!!!

Kemudian berkumpul menghadapi hidangan berbuka dan mereka sudah merasa cukup dengan hanya membaca, “Allaahumma lakasumtu… atau dzahaba zhoma’u…”, padahal itu hanya mencakup maknanya berupa laporan dan ucapan syukur.

Setelah kita memahaminya, hendaknya minimal 10 ~ 15 menit sebelum adzan maghrib (sudah dalam keadaan berwudhu) kemudian berdoa meminta apa saja (adabnya dengan didahului puji-pujian an kepada Allah dan bershalawat atas Nabi Muhammad SAW, karena Allaah SWT menggaransi bahwa doa-doa tersebut akan dikabulkan.

Lihat Juga :  Malam ini Dzikir Akbar di Masjid Agung Palembang

Allah, sesuai prasangka hamba kepada-Nya”.¬†Manfaatkanlah waktu kita, bukan hanya demi santapan atau berburu makanan saat jelang buka.

Berdoalah untuk diri kita, keluarga kita, orangtua kita, sahabat kita, negeri kita. (*/sumber: dishare oleh group wa firqotunnajiyyah ikhwan)

Back to top button