Uncategorized

One Day One Hadist : Tiga Macam Orang yang tidak Diajak Bicara Allah

AsSAJIDIN.COM — Hikmah One Day One Hadist dari AsSAJIDIN.COM kali ini membahas sifat-sifat buruk manusia, yang apabila terus dipelihara, bersiaplah untuk tidak diacuhkan Allah di Akhirat kelak.

Ada tiga macam orang yang tidak akan diajak bicara oleh Allah SWT kelak pada hari kiamat: Allah tidak melihat kepada mereka, tidak mensucikan dan mereka memperoleh siksa yang pedih, yaitu:

(1) orang yang mempunyai kelebihan air tanah yang gersang, tetapi ia tidak mau memberi perantau yang membutuhkan, atau dengan kata lain kikir.

(2) orang yang menjual barang dagangan kepada orang lain sesudah ashar; ia bersumpah atas nama Allah bahwa ia mengambil barang dagangan itu dengan harga sekian, lalu ia menyedekahkannya (kepada pembeli), padahal kenyataannya tidaklah demikian, atau dengan kata lain tukang bohong

Lihat Juga :  9 Sebab Rezeki Seret atau Sukar Diraih, No 2 Banyak Sekali Terjadi

(3) orang yang berjanji setia kepada seorang pemimpin: ia berjanji karena hanya kepentingan duniawi. Jika pemimpin itu memberinya harta dunia, maka ia memenuhi janjinya, tetapi kalau pemimpin tidak memberikan apa-apa, ia pun tidak memenuhi janji, itulah orang yang tidak amanah. (Hadist Riwayat Bukhari). (*/Sumber: Himpunan Hadits Shahih Bukhari/Karya: Achmad Sunarto/Penerbit: Setia Kawan]

Back to top button