Berita TerkiniPendidikan

Doa Hadapi UNBK, Insya Allah Dapat Nilai Bagus

AsSAJIDIN.COM — Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk Sekolah Menengah sederajat sudah dimulai. Sejak awal hingga pertengahan bulan April anak-anak sekolah menengah akan menempuh ujian di sekolah masing-masing.

Dalam mengikuti ujian anak-anak sekolah membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi dan harus belajar agar ujian berjalan lancar. Selain berusaha mereka juga harus berdoa, meminta kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dan daya ingat untuk menyelesaikan soal-soal ujian.

Meminta kepada Allah SWT agar diberi kelancaran dan kemudahan menyelesaikan ujian boleh menggunakan bahasa Indonesia, tidak harus bahasa Arab. Ada pun doa-doa yang bisa dilafalkan ketika hendak ujian. Salah satunya doa Nabi Musa AS dalam Surat Thaahaa ayat 25-28.

Lihat Juga :  Alhamdulillah...Hotel Al-Furqon Berbagi dengan Warga Sekitar

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Rabbisy syrahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii.”

Artinya : “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (Doa Nabi Musa AS dalam Surat QS : Thaahaa : 25-28).

Dalam surat Thaahaa ayat selanjutnya ada pula doa memohon diberi pengetahuan.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

“Rabbi zidnii ‘ilmaa.”

Artinya :“Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS. Thaahaa : 114).

Sebagai doa tambahan agar diberi kemudahan oleh Allah SWT bacalah doa,

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Lihat Juga :  H Herman Deru Berencana Bangun Maktab di Mekkah untuk Warga Sumsel

“Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.”

Artinya : “Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

Semoga dengan membaca doa-doa di atas, ujian menjadi lancar dan sukses. Pada siswa-siswi yang sedang berjuang diberikan kemudahan, lulus dengan nilai bagus, dan tak lupa mengerjakan soal dengan penuh keyakinan.

Doa-doa di atas dapat dibaca bukan saja untuk mengerjakan ujian nasional, tetapi ketika mengerjakan pekerjaan apa pun agar diberi kelancaran.(*/sumber: okezone.com)

Berita Terkait

Close