Uncategorized

Hati Bertanya, Alquran Menjawab

AsSAJIDIN.COM — Tiap-tiap orang punya kehidupan sendiri, punya masalah sendiri-sendiri. Tidak ada orang yang hidup di dunia tanpa masalah. Kenapa ya? Apa tujuan Allah memberikan masalah kepada kita? Hati selalu bertanya demikian.

Jangan khawatir, setiap masalah ada solusinya. Allah menjamin hal itu, dan dijelaskannya lengkap dan terperinci di dalam Alquran. Berikut beberapa pertanyaaan yang mungkin sering terselip di dalam hati, Allah spontan langsung memberi jawabannya di dalam Alquran.

 

1. KITA BERTANYA: MENGAPA AKU DIUJI?

QUR’AN MENJAWAB: “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan,” Kami telah beriman”, sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.”
[Surah Al-Ankabut ayat 2-3].

2. KITA BERTANYA: MENGAPA UJIAN SEBERAT INI?

QUR’AN MENJAWAB: “Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya,” [Surah Al-Baqarah ayat 286].

Lihat Juga :  Sarimuda : Jangan Ada Lagi Kecurangan

3. KITA BERTANYA: MENGAPA AKU TAK DAPAT APA YG AKU IDAM-IDAMKAN?

QUR’AN MENJAWAB: “Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.”
[Surah Al-Baqarah ayat 216].

4. KITA BERTANYA: MENGAPA AKU MERASA FRUSTRASI?

QUR’AN MENJAWAB: “Janganlah kamu bersikap lemah. dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman.” [Surah Al-Imran ayat 139].

5. KITA BERTANYA: BAGAIMANA AKU HARUS MENGHADAPINYA?

QUR’AN MENJAWAB: “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan shalat; dan sesungguhnya shalat itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyu” [Surah Al-Baqarah ayat 45].

6. KITA BERTANYA: APA YANG AKU DAPAT DARIPADA SEMUA INI?

QUR’AN MENJAWAB:
“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri, harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka.” [Surah At-Taubat ayat 111].

Lihat Juga :  Sambut Tahun Baru Masehi, Ustaz Yusuf Mansur Ajak Umat Berzikir

7. KITA BERTANYA: KEPADA SIAPA AKU BERHARAP ?

QUR’AN MENJAWAB:

‘Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain dari-Nya. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal.” [Surah At-Taubat ayat 129].

8. KITA BERKATA: AKU TAK TAHAN!!!!!!

QUR’AN MENJAWAB:“……dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.” [Surah Yusuf ayat 78] .

9. KITA BERTANYA: MENGAPA HATI INI TIDAK TENANG ?

QUR’AN MENJAWAB:
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. [QS. Ar Ra’d ayat 28].

itulah jawaban Alqur’an atas keluh kesah kita selama ini. semoga menentramkan Hati. Maka mari kembali kepada Alquran. Baca, pahami, pelajari, laksanakan, syiarkan, lestarikan. Begitu berulang-ulang semoga Allah meridhoi kita semua. Amin ya robbal alamin. (*)

 

Back to top button