KALAM

Di Arab, Ada Masjid Paling Pintar di Dunia, Bagaimana Wujudnya?

AsSAJIDIN.COM – Masjid yang diklaim ‘paling pintar’ di dunia segera dibuka di Uni Emirat Arab (UEA). Masjid ini dilengkapi dengan peralatan modern yang bekerja serba otomatis.

Masjid yang berdiri di Ras Al Khaimah, Muairidh, ini sebenarnya merupakan masjid tua, namun direnovesi dan dilengkapi dengan peralatan cangih.

” Spiker masjid ini menyala otomatis saat imam berdiri di karpet untuk memimpin sholat, dan kemudian mati di akhir sholat,” kata pengawas proyek, Dr Hisham Al Refaei Al Mansuri, dikutip Dream dari Khaleej Times, Senin 20 Maret 2017.

Lampu masjid juga tak kalah canggih. Menggunakan tenaga surya. Bisa menyala dan mati secara otomatis tergantung waktu sholat dan jumlah jemaah.

Lihat Juga :  Kenapa Status Islam Dicantumkan di Kartu Identitas Malaysia?

” Demikian pula dengan AC, menyala dan mati dan mengubah temperatur menyesuaikan kondisi cuaca musim panas dan musim dingin, dan siang hari sesuai dengan jumlah jemaah di dalam,” tambah Hisham.

Majid pintar

Tak hanya ruangan, temperatur air wudu juga diatur dengan menggunakan alat bertenaga surya. ” Air dan fasilitas wudu dikontrol dengan sensor pintar untuk menghindari penggunaan air yang mubazir.”

Air yang telah digunakan didaur ulang dan digunakan untuk wudu setelah dimurnikan secara otomatis. Air hujan dikumpulkan dan digunakan untuk tujuan pengairan juga.

Lihat Juga :  Jadikanlah Akhirat di Hatimu, Dunia di Tanganmu dan Kematian di Pelupuk Matamu 

Masjid ini direnovasi dengan mengunakan dana dari 25 lembaga amal. Renovasi ini diharapkan bisa menghemat air dan tenaga senilai Rp38 juta pertahun.

” Proyek ini, yang didukung oleh Dar Al Ber Society dan Sarjah Charity Association, telah berkoordinasi dengan Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf,” ujar Hisham.

Menurut Hisham, total dana yang digunakan untuk menyulap masjid ini menjadi modern sekitar Rp979 juta. ” Masjid ini beroperasi dengan energi bersih dan ramah lingkungan.” (*/sumber: dream.co.id)

Back to top button