Uncategorized

Perbanyaklah Amalan di Bulan Rajab

AsSAJIDIN.COM – Rajab jadi salah satu bulan haram (suci) dari 12 bulan Hijriah seperti yang difirmankan Allah SWT. 1 Rajab jatuh pada Senin, 19 Maret 2018. Artinya :
Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.

Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

(QS. At-Taubah : 36)

Mamah Dedeh di acara Mamah dan Aa Beraksi Indonesia di akun Kathesia Widya, mengatakan Rajab bulannya Allah. Harus diperbanyak amalan baik, satu di antaranya puasa Rajab “Silakan kerjakan puasa seperti di bulan-bulan lain. Puasa Senin Kamis, sekalian puasa Rajab.” Itu boleh, sunah dengan sunah boleh digabung”, katanya.

Lihat Juga :  Berbohong Sikap yang Dibenci Allah

Ada ulama yang mengatakan perbanyak surat Al Ikhlas, perbanyak juga sedekah. Perbanyak puasa sunah, tiga hari di awal bulan, tiga hari di tengah bulan, tiga hari di akhir bulan. “1, 2, 3, tanggalnya itu puasa 13, 14, 15, puasa, 28, 29, 30 atau kalau sampai tanggahnya 29, (puasa) 27, 28, 29.”
“Silakan itu namanya sunah, namanya sunah bila semakin banyak dikerjakan, semakin baik”. Usai isra miraj pada bulan Rajab, Rasulullah SAW mampir di surga dan neraka Allah SWT. “Beliau melihat air konon katanya lebih putih dari salju, lebih manis dari madu.
Lalu beliau bertanya, ‘Jibril ini sungai apa?’, dijawab Jibril, ‘ini namanya sungai Rajab’.Diperuntukkan oleh Allah untuk orang-orang yang mengagungkan bulan Rajab.

Lihat Juga :  Berkorban Harta untuk Menuntut Ilmu

Salah satunya puasa. Perbanyak baca Alquran, perbanyak salat malam, kenapa, sebentar lagi masuk Ramadan. Tinggal satu bulan lagi. Agar fisik terlatih pada bulan Ramadan, bisa beribadah dengan full”. Rajab itu singkatan dari tiga huruf menurut para ulama, ro, jin, ba.Ro itu rohmatullah, rahmatnya Allah, jin itu jurmul abdi, dosa seorang hamba, ba itu birullah, kasih sayang Allah.
“Jadi dosanya di tengah, ada ulama yang mengatakan ‘Jangan khawatir wahai hambaku di bulan Rajab. Seolah-olah dosamu dihimpit oleh rahmat Allah dan kasih sayang Allah”. Semoga kita semakin menjadi orang-orang yang bertakwa dengan amalan-amalan yang kita lakukan.

Niat Puasa Rajab
Adapun niat puasa di bulan Rajab adalah sebagai berikut: Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta’alaa. Wallahualam bishawab. (*/Banjarmasinpost.co.id)

Berita Terkait

Close