SEHAT

Begini Cara Ampuh Jauhkan Anak Balita dari Serangan Batuk

AsSAJIDIN.COM — Balita dan anak-anak rentan sekali terhadap batuk, sehingga bikin orangtua kerepotan. Namun, gangguan itu dapat dicegah supaya anak tetap nyaman bermain atau sekolah.

Kalau anak batuk, bikin dada sesak dan tenggorokan gatal. Anak jadi rewel karena merasa tidak nyaman. Ada banyak pemicu batuk dalam ketiduran sehari-hari. Batuk biasanya terjadi karena reaksi dari alergi makanan. Ada juga faktor lain yang bikin anak rentan batuk, sehingga membuat dia jadi makin tak nyaman. Namun, tak usah ada yang dikhawatirkan jika anak mengalami batuk biasa.

Juga, gangguan ini dapat dicegah dan ujung-ujungnya tidak menyebabkan risiko penyakit serius. Spesialis Anak dr Dave Anderson SpA(K) dari Siloam Asri Hospital berbagi tips agar anak tidak gampang batuk.

Lihat Juga :  Masya Allah !! Inilah Manfaat Tersembunyi dari Puasa Senin-Kamis

Jauhkan anak dari polusi udara

Polusi udara sering menyebabkan gangguan pernapasan yang ditandai dengan reaksi batuk. Karena asapnya begitu ‘jahat’untuk paru-paru. Kalau memang anak berada di lingkungan berpolusi, jauhkanlah. Sebab lingkungan itu dapat memicu efek samping lain yang lebih dari reaksi batuk.

Jauhkan dari makanan pemicu batuk

Ada beberapa makanan yang juga bisa memicu batuk. Seperti gorengan karena makanan itu berminyak, makanan dengan MSG, minuman manis kemasan, dan jenis bahan makanan lainnya. Meski pada dasarnya anak menyukai makanan tersebut, jangan berikan terlalu sering, karena bisa bikin anak mudah batuk dan tenggorokan gatal.

Lihat Juga :  One Day One Hadist: Mengucap Hamdallah Setelah Bersin, inilah Manfaatnya

Beri asupan vitamin C alami

Jaga kondisi sistem kekebalan tubuh anak supaya tetap stabil. Caranya yakni berikan anak asupan makanan bernutrisi dan kaya vitamin C alami. Seperti perbanyak makan buah-buahan alami dan minum banyak air putih. Sebab, batuk bisa saja menyerang di saat kondisi tubuh anak melemah tidak seperti biasa.

Minum banyak air putih

Air putih menjadi kunci ampuh untuk mencegah anak agar tak gampang batuk. Balita dan anak-anak harus diberikan banyak minum air putih supaya tidak cepat dehidrasi dan batuk. Dalam sehari, anak butuh minum air putih setidaknya satu liter agar maksimal.(*/sumber:okezone.com)

Back to top button