KESEHATAN

Enam Tips Hidup Sehat Mencontoh Rasulullah SAW

AsSAJIDIN.Com — Nabi Muhammad SAW banyak mengajarkan kepada umat manusia dalam hal kebaikan. Mulai dari etika saat makan sampai tips yang bisa diikuti guna memperoleh hidup yang sehat. Mekipun beliau dulunya tinggal di padang pasir yang panas namun tak menjauhkannya dari pola hidup sehat.

Dikutip dari Healthfitnessrevolution, banyak wawasan di dalam Al-Qur’an tentang bagaimana menjalani hidup alami dan sehat ala Rasulullah. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan sebagai teladan kepada Nabi Muhammad SAW.

Olahraga

Dalam Islam, olahraga dianggap penting untuk mendapatkan tubuh bugar dan sehat. Olahraga seperti memanah, berenang, menunggang kuda sangat dianjurkan. Rasulullah berkata orang beriman yang kuat lebih baik dihadapan Allah karena mereka lebih aktif dan enerjik dalam ibadah dan membantu orang lain.

Tidur

Rasulullah merekomendasikan tidur yang cukup. Beliau tidak pernah membiasakan diri untuk berlebihan atau kekurangan waktu tidur. Ia juga menyarankan tidur lebih awal di malam hari dan bangun lebih awal untuk membantu menjaga berat badan, tetap sehat, produktif, dan menghindari penyakit serius seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Lihat Juga :  Rp 2 Juta untuk Plasma Konvalesen Dinilai Terlalu Mahal

Puasa

Bukti terbaru menyebutkan bahwa puasa mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh. Puasa yang dilakukan Nabi Muhammad tidak hanya saat Ramadan tapi juga pada hari Senin, Kamis, tanggal 13, 14, 15 setiap bulan Islam. Puasa terputus-putus semakin popular belakangan ini karena dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan sensivitas insulin, mempercepat metabolisme, memperbaiki pola makan, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kebersihan Gigi

Nabi Muhammad SAW selalu menyikat giginya sebelum dan sesudah tidur menggunakan bagian dari cabang harum yang disebut arak. Menurut penelitian dari Scottish Health Survey menunjukkan bahwa kesehatan gigi yang buruk menyebabkan 70% risiko penyakit jantung. Untuk itu, rajin-rajinlah menyikat gigi seperti yang diajarkan Rasulullah.

Lihat Juga :  Mengandung Anti Oksidan, Manfaat Konsumsi Terong, Turunkan Gula Darah hingga Cegah Kanker

Tahan Emosi dan Husnuzon

Sebagai masyarakat era modern, kita sering kali cepat merasa kesal terhadap suatu hal dan cepat pula berburuk sangka. Rasulullah pun mengajarkan kita untuk mengendalikan emosi dan selalu berpikir positif. Nabi menyebutkan dalam hadisnya, “Orang yang berkuasa bukanlah orang yang bisa bergulat, tapi orang berkuasa adalah yang dapat mengendalikan dirinya dari kemarahan. Kemarahan akan membuka semua peluang penyakit seperti terkena stroke, risiko penyakit hati yang besar, dan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Berbagi dengan Orang Lain

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat. Maka usahakanlah setiap hari untuk selalu berbuat baik dan berbagi dengan orang lain. Di dalam harta kita ada hak orang lain terutama yang membutuhkan.  Anda akan merasakan sensasi hati yang tenang dan bahagia bila anda selalu ringan tangan, tidak pelit dan berbagi dengan orang lain. Insya Allah.  (*/okezone.com)

Back to top button