KESEHATAN

Zinc Ternyata Baik untuk Tangkal Covid-19, ini 8 Makanan yang Kaya Kandungan Zinc

AsSAJIDIN.COM – Seng atau zinc adalah salah satu mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Melansir Web MD, manfaat zinc untuk memperkuat daya tahan tubuh, membantu menyembuhkan luka, dan menjaga tumbuh kembang agar tetap optimal. Saat tubuh kekurangan zinc, kinerja 300 enzim yang menunjang fungsi organ tubuh dapat terganggu.

Kebutuhan zinc untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan usia. Berikut perinciannya: Anak usia 7 bulan-3 tahun: 3 mg/hari Anak usia 4-8 tahun: 5 mg/hari Anak usia 9-13 tahun: 8 mg/hari Perempuan 14-18 tahun: 9 mg/hari Laki-laki di atas 14 tahun: 11 mg/hari Perempuan 19 tahun ke atas: 8 mg/hari Ibu hamil: 11-12 mg/hari Ibu menyusui: 12-13 mg/hari Kebutuhan mineral ini umumnya dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan mengandung zinc.

Melansir Healthline, berikut makanan yang mengandung zinc:

1. Daging sapi

Daging merah, termasuk daging sapi, merupakan makanan yang kaya akan seng (zinc). Dalam 100 gram daging sapi, terdapat 4,8 miligram zinc, setara 44 persen rata-rata kebutuhan harian tubuh. Selain zinc, daging sapi juga kaya akan zat besi, vitamin B, dan kreatin. Kendati punya manfaat bagi kesehatan, ada baiknya Anda mengimbangi konsumsi daging sapi dengan makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan. Baca juga: 4 Cara Efektif Mendapatkan Vitamin D, Selain Berjemur

2. Kerang, tiram, kepiting, udang

Lihat Juga :  Kota Palembang Belum Beranjak dari Zona Oranye

Makanan laut bercangkang seperti kerang, tiram, kepiting, lobster, udang, dll tinggi akan zinc. Dalam 100 gram tiram, terdapat 32 miligram zinc, setara 291 persen rata-rata kebutuhan harian tubuh. Sedangkan kepiting Alaska untuk berat 100 gram, mengandung 7,6 miligram zinc, setara 69 persen rata-rata kebutuhan harian tubuh. Namun, ibu hamil perlu berhati-hati saat ingin mengonsumsi makanan laut. Pastikan hidangan diolah matang sempurna dan higienis.

3. Buncis, lentil, kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti buncis dan lentil juga mengandung zinc. Sebanyak 100 gram lentil dapat mencukupi 12 persen rata-rata kebutuhan zinc harian. Namun, kacang-kacangan umumnya juga mengandung zat fitat yang menghambat penyerapan zinc. Kendati demikian, proses pemasakan, perendaman, dan fermentasi dalam mengoptimalkan penyerapan mineral penting ini.

4. Biji rami, labu, wijen

Makan biji-bijian seperti rami, biji labu, dan wijen juga bisa berkontribusi menambah zinc dalam tubuh. Sebanyak tiga sendok makan (30 gram) biji rami dapat mencukupi 31 persen kebutuhan zinc harian pria dan 43 persen kebutuhan zinc harian wanita. Selain mengandung zinc, biji-bijian juga baik bagi tubuh karena mengandung serat dan lemak sehat.

5. Kacang tanah, mede, almond

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mede dan kacang almond dapat meningkatkan asupan zinc. Selain zinc, kacang-kacangan juga mengandung nutrisi sehat seperti lemak sehat dan serat. Di antara beberapa jenis kacang, kandungan zinc yang paling banyak terdapat dalam kacang mede. Satu ons atau 28 gram kacang mede dapat mencukupi 15 persen rata-rata kebutuhan zinc harian tubuh. Baca juga: Hati-hati, Konsumsi Garam Berlebihan Lemahkan Daya Tahan Tubuh

Lihat Juga :  Stop Mengolok-olok, Corona Itu Virus, Bukan Aib atau Penyakit Kutukan

6. Susu, keju, produk susu

Konsumsi susu, keju, dan produk olahan susu dapat menyediakan tambahan zinc bagi tubuh. Dalam 100 gram keju cheddar, terdapat 28 persen dari total kebutuhan harian zinc. Sedangkan satu gelas susu, terdapat 9 persen dari total kebutuhan harian zinc. Selain zinc, susu dan produk olahannya juga mengandung protein, kalsium, dan vitamin D.

7. Telur

Konsumsi satu butir telur dapat mencukupi lima persen kebutuhan zinc harian tubuh. Selain zinc, telur juga mengandung vitamin B, selenium, dan kolin.

8. Kentang, kangkung, kacang hijau

Kandungan zinc dalam sayuran dan buah-buahan umumnya tidak signifikan. Namun, beberapa jenis sayuran dapat meningkatkan pasokan zinc untuk tubuh. Konsumsi satu buah kentang berukuran besar dapat mencukupi sembilan persen kebutuhan zinc harian. Sayuran lain seperti kacang hijau dan kangkung per 100 gram mengandung sekitar tiga persen kebutuhan zinc harian. Meskipun kandungan zinc dalam sayuran kalah banyak dengan bahan makanan lain, namun konsumsi sayuran dapat mengurangi risiko penyakit jantung sampai kanker. (*/sumber: kompas)

Tags
Close