MOZAIK ISLAM

Yuk !!! Baca Doa ini dan Lakukan Trik Hilangkan Rasa Malas

AsSAJIDIN.Com – Awal pekan di hari Senin, sebagian kita mungkin menganggapnya berat. Harus sekolah, kerja atau beraktivitas  lagi setelah libur akhir pekan. I hate monday.. kata orang-orang zaman sekarang.

Terkadang rasa malas juga muncul, celakanya bisa berhari-hari rasa ini menghinggapi, dan terkadang membuat hidup Anda seakan kurang menyenangkan. Lalu, apa yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa malas itu dan menjadikan hari senin sebagai hari yang menyenangkan, alias I love monday, berikut doa agar terhindar dari malas dan trik cara bangkit dari malas, dikutip dari fenomagz

Berdoa dan Berbuat Baik
Berdoa dan berbuat baiklah, karena Allah Maha Penggerak Sesuatu. Doa agar dihilangkan dari sifat malas, lemah, sedih dan susah, hutang dan kesewenang-wenangan manusia.

اللَّـــهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْحَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ
وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ.
“Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan hutang dan kezaliman manusia.” (HR Abu Dawud 4/353)

Lihat Juga :  Sebagai Muslim, Jangan Sampai Kita Tertinggal karena Malas

 

Buat daftar hal yang ingin Anda lakukan
Bukan menjadi rahasia lagi, membuat daftar kegiatan atau hal yang ingin Anda lakukan bisa membantu hidup Anda. Psikolog klinis, Dr. Carla Marie Manly menyarankan untuk mengurutkan dari sesuatu yang penting.
Ingatlah, untuk membuatnya ringkas dan mungkin di lakukan. Marie juga menyarankan menambahkan hal yang menyenangkan di antara kegiatan atau hal yang mungkin kurang begitu Anda sukai.
Terakhir, setelah Anda menyelesaikan tugas Anda, hadiahi diri Anda sendiri dengan istirahat, secangkir teh, makanan ringan atau hal lainnya.

Undang teman untuk makan bareng
Mengadakan semacam kegiatan makan malam bersama misalnya bisa menjadi motivasi untuk membersihkan rumah yang berantakan dan mengisi kembali kulkas Anda yang kosong.

Lihat Juga :  Tata Cara, Bacaan Doa Shalat Meminta Petunjuk (Istikharah)

 

Nilai karir Anda secara teratur
Jika Anda menemukan diri Anda terus menerus terkungkung di tempat kerja atau menghilang dalam jangka waktu yang lama, mungkin ini menjadi tanda bahwa Anda bosan.
Untuk mengalahkan kebosanan, cobalah untuk nilai karir Anda untuk melihat bagaiman minat Anda, tujuan, dan nilai-nilai yang selaras dengan bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda.
Jika Anda menyukai pekerjaan Anda, maka Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu melakukan hal itu.

 

Tarik napas
Jika tidak ada sedikit pun motivasi untuk mendapatkan apa pun yang di lakukan, cobalah untuk melakukan meditasi atau olahraga ringan.
10 menit berjalan kaki, peregangan, atau terlibat dalam meditasi selama istirahat kerja dapat membantu meningkatkan mood dan memberi Anda awal dan energi yang di butuhkan untuk tetap baik termotivasi dan produktif. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button