ALFURQON SCHOOLHAJI & UMROH

Yayasan SIT Al Furqon Gelar Sholat Idul Adha, dan Penyembelihan Kurban Hari Ini

AsSajidin.com, Palembang–Yayasan Pendidikan dan Dakwah Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Furqon menggelar sholat Idul Adha 1443 H, dan dilanjutkan dengan penyembelihan 4 ekor sapi dan 1 ekor kambing. sabtu (9/7/2022).

Ketua Yayasan SIT Al Furqon H Djuliar Rasyid dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur atas karunia Allah SWT yang pada hari ini SIT Al Furqon telah melaksanakan Sholat Ied dan rangkaian kurban.

” Alhamdulillah, tadi sangat ramai. Tidak hanya dihadiri keluarga besar SIT Al Furqon, bahkan ada juga warga sekitar dan masyarakat, ” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa, makna berkurban bukan sebagai rutinitas. Melainkan adalah tanda syukur kepada Allah SWT, sebagaimana dulu Nabi Ibrahim As.dengan ikhlas menyerahkan puteranya Ismail As sebagai wujud tanda syukur dalam beribadah.

” Semoga rangkaian ibadah kurban kita hari ini bernilai di sisi Allah SWT. Dan pembagian hewan kurban ini nanti, saya minta agar benar-benar dapat disalurkan dengan baik. Sehingga semua saudara-saudara kita bisa merasakan berkahnya, ” ujarnya.

Lihat Juga :  Didin Hafidhuddin tak Mau Malapetaka Prancis dan Korsel Terjadi di Lingkungan Pesantren

Sementara itu, mewakili Ketua Pelaksana kurban Ustadz Rediansyah mengatakan, pihaknya pada kesempatan ini telah menyiapkan 4 ekor sapi dan 1 ekor kambing untuk dilakukan penyembelihan usai pelaksanaan Sholat Idul Adha, Sabtu (9/7/2022) yang dipusatkan di halaman parkir gedung SDIT Al Furqon Jalan R.Soekamto No.1332, 8 Ilir, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Menurut Ustadz Redi, acara penyembelihan hewan kurban memang menjadi agenda rutin sekolah bertagline ahli dzikir,ahli fikir dan ahli ihtiar ini sejak bertahun-tahun. Bahkan saat pandemic covid 19 melandai pun, SDIT Al Furqon masih tetap antusias melaksanakan pemotongan hewan kurban sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas semua karunia yang telah diberikan.

Kepada AsSajidin Ustadz Redi menuturkan jika,pembagian daging kurban nantinya tetap akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“ Ya, nanti daging kurban tersebut bakal dibagikan kepada warga sekitar SDIT Al Furqon. Jadi jumlahhnya mungkin mencapai ratusan kantong daging kurban,” terangnya.

Untuk diketahui meskipun pemerintah bakal menyelenggarakan perayaan hari raya Idul Adha 1443 H pada Ahad, (10/7/2022). Namun SDIT Al Furqon,menggelar perayaan hari raya dan penyembelihan hewan kurban pada Sabtu (9/7/2022). Hal ini mengacu pada perayaan hari raya Idul Adha di Arab Saudi yang jatuh hari ini.

Lihat Juga :  Diharap Masyarakat Sebagai Oleh-oleh, ini Cara Membedakan Air Zam-zam Asli atau Palsu

Kepada AsSajidin Ustadz Redi yang juga menjabat Ketua Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Sumsel ini mengatakan, Idul Adha bukan sekadar tentang menyembelih hewan. Tetapi ada makna lain yang bisa diketahui dan dipahami.

” Sebenarnya Idul adha atau hari raya kurban merupakan wujud ketaatan dan kepasrahan kita atas perintah Allah, seperti yang telah dicontohkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail,” ujarnya.

Oleh sebab itu kata Ustadz Redi, maka ketaatan, keikhlasan dan kecintaan pada Allah inilah yang sebisa mungkin ditekankan pada anak. Tentu saja dengan bahasa yang sederhana.

“Dan, jika perlu tambahkan contoh-contoh perilaku yang dapat mewakili keteladanan nabi dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Also Read
Close
Back to top button