KELUARGA

Warung Modern Umat Siap Bangkitkan Ekonomi Umat Sesuai Syariah

PALEMBANG, AsSAJIDIN.Com – Komunitas Koperasi Syariah 212 Sumatera Selatan yang memiliki lima bidang usaha yakni lembaga keuangan, property syariah, ritel, industri pangan, pertanian dan peternakan, akan mulai mengembangkan kelima bidang usahanya. Untuk saat ini melalui bidang usaha ritel, akan membentuk koperasi Warung Modern Umat (Warmat) Veteran Utama. Yang mana pengembangan Warmat Veteran Utama ini sebagai langkah kebangkitan ekonomi umat di Sumsel.

“Hari ini kita mengadakan rapat anggota untuk Koperasi Warmat Veteran Utama,” ungkap Ketua Koperasi Warmat Veteran Utama, Ust. Fajar Sani Nasution, Minggu (24/5).

Ia mengatakan, Koperasi Warmat Veteran Utama ini nantinya selain akan menyediakan kebutuhan para anggota, dari anggota dan untuk anggota. Tapi juga untuk masyarakat umum. Namun tidak berarti untuk membunuh warung usaha milik masyarakat umum. Karena sejalan dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang yang menganjurkan ayo belanjo ke warung tetanggo.

“Kita akan membantu warung umum milik masyarakat dari sisi suplay barang-barang kebutuhan yang akan dijual,” jelasnya.

Lihat Juga :  Wewangian yang Disukai Rasulullah

Menurut Ust. Fajar, Koperasi ini beranggotakan para lulusan atau alumni fakultas kedokteran (FK) Unsri angkatan 88. Yang mana para alumni FK 88 ini juga sebagai inisiator berdirinya Koperasi Warmat Veteran Utama ini.

“Ya, anggota saat ini sudah banyak. Rencananya gedung Koperasi Warmat ini nanti akan berada di Jalan Veteran,” terangnya.

Selain akan menjual dan penyuplai, Koperasi ini untuk sementara hanya akan menerapkan sistem simpan dulu. Hal ini mengingat banyaknya image dari kaum awam, yang mana koperasi sebagai unit tempat simpan dan pinjam saja. Karena itu, image, jelas Ust. Fajar pihaknya mengindari image tersebut melekat pada Koperasi Warmat Veteran Utama.

“Selama ini image umat yang namanya koperasi tempat ngutang dan bayar lebih. Konsep kita merubah konsep sebelumnya. Akan kita Perbaiki image itu, bahwa koperasi itu dimiliki orang banyak,” tukasnya.

Lihat Juga :  Apakah Kesombongan Itu? Jadi Penyebab Iblis Diusir Allah dari Surga

Senada disampaikan, Ketua Umum Komunitas Koperasi Syariah Palembang-Sumsel Hery Husni mengatakan, untuk bergabung di Koperasi Warmat Veteran Utama harus beranggotan lebih kurang 10 anggota. Yang mana dengan berdirinya Koperasi ininsebagai pelecut untuk semangat dan langkah kemajuan membangun ekonomi umat di Sumsel.

“Saya buat konsep secara nasional untuk Sumsel secara modern,” ulasnya.

Lebih lanjut tambanya, animo para anggota yang ingin bergabung di Koperasi Warmat Veteran Utama sangat akan berdiri gerai gerai dr satu bisnis yakni ritel. Bahkan dari target 20 gerai yang akan di buka, sudah ada rencana untuk membuka 33 gerai.

Kedepannya akan dikembangkan juga brand-brand yang ada. Ada empat brand 212 Mart ini, yakni Wanmart 212, Kitamart, MUI Sumsel ada Halal Mart.

“Selain ritel, akan dikembangkan juga lembaga keuangan, seprti peternakan dengab menyediakan kebutuhan para anggota untuk hewan kurban,” tutupnya.(*)

Penulis: Ria Amalia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close