HAJI & UMROH

Umrah Dibuka Lagi, Calon Jemaah Bersiap di Bulan November

ASSAJIDIN.COM — Pemerintah Arab Saudi kembali membuka Umrah salah satunya untuk Indonesia. Hal ini disambut baik oleh para agent perjalanan dan jemaah.

Pelonggaran kebijakan terkait Covud-19 di Arab Saudi serta negosiasi Kemenag dan Kemenlu dengan Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi membuat pembukaan Umrah untuk jemaah Indonesia segera dibuka.

Salah seorang calon jemaah Umrah di Palembang, Nani mengatakan, ia sudah merencanakan keberangkatan sejak sebelum pandemi. Harusnya, ia dan adiknya berangkat pertengahan tahun lalu.

“Sudah dua tahun kami menunggu untuk berangkat, kita juga sudah vaksin Covid yang kedua, semoga benar-benar bisa berangkat tahun ini juga,” katanya.

Owner Sako Holiday Emir Faisal mengatakan, ada banyak jemaah yang menunggu untuk berangkat. Dua tahun cukup lama untuk menahan kerinduan kepada tanah suci Mekkah. “Kebanyakan pendaftar baru, semua calon jamaah menunggu diberangkatkan, jumlahnya cukup banyak,” katanya.

Lihat Juga :  23 Calon Jemaah Gagal Umroh, Sempat Mendarat di Kualalumpur

Manager Zafa Tour, Willy mengatakan, ketika awal penutupan Umroh Februari 2020 lalu, Zafa Tour memiliki beberapa rombongan yang siap diberangkatkan. Namun karena pandemi ibadah Umrah ditutup.

“Jumlah pastinya sedang Kami data ulang dan akan Kami laporkan ke Kemenag sesuai dengan format yang di harapkan Kemenag,” katanya.

Soal vaksinasi dan karantina calon jemaah, menjadi pembahasan Indonesia dengan Arab Saudi. Mengenai hal ini, pihaknya telah mendapatkan edaran dari Kemenag. “Sudah ada edarannya Kemenag,” katanya.

Soal kapan waktu keberangkatannya, menurutnya belum ada info resmi yang bisa memastikan tanggalnya. Belum lama ini Dirjen Haji dan Umrah menyampaikan sedang menyiapkan regulasinya dengan pihak-pihak terkait.

“Kemungkinan akhir Oktober atau November regulasi sudah fix, sehingga jemaah Indonesia bisa berangkat,” katanya. (pitria)

Tags
Close
Close