HAJI & UMROH

Lima Tips Sebelum Putuskan Membeli Hewan Kurban

AsSajidin.com— Kambing adalah salah satu hewan yang digunakan untuk berqurban Iduk Adha. Harga kambing yang lebih terjangkau dibandingkan sapi atau hewan ternak lainnya, membuat kambing banyak diminati oleh umat Islam untuk berqurban.

Menurut Jemmy salah satu peternak kambing di Palembang mengatakan jika, dalam memilih hewan kurban hendaknya masyarakat dapat memperhatikan beberapa hal yang paling mendasar dalam memilih dan menentukan hewan kurban.

Kepada AsSajidin, Jemmy yang juga berprofesi sebagai jurnalis ini membagi tips aman memilih dan membeli hewan qurban yang siap dipotong dan dagingnya aman dikonsumsi.

Berikut tips memilih dan membeli hewan qurban :

 

1.Jangan membeli hewan qurban (sapi dan kambing) yang loyo. Itu ciri-ciri qurban sedang sakit, cari yang lincah karena itu sehat.Jangan ragu memeriksa fisik hewan seperti melalui bulu dan lubang-lubang bagian hewan qurban. Hewan qurban yang sehat tidak mengeluarkan cairan (darah atau lendir) dari lubang-lubang hewan seperti mata, hidung, telinga, mulut, ataupun anus.

Lihat Juga :  Jelang Idul Adha, Hewan Kurban Dijual Mulai Rp2,5 Juta

2.Usia Hewan. Cara gampang melihat apakah hewan kurban tersebut cukup usianya, coba dilihat giginya sudah tanggal atau belum. Kalau belum berarti hewan belum dewasa dan belum layak untuk dipotong sebagai hewan qurban. Untuk sapi dan kerbau bisa dengan usia sekitar 2 tahun, sedangkan kambing dan domba berkisar usia 1 tahun.

3.Pastikan Hewan Kurban Sehat, Coba dilihat kotoran hewan kurban yang akan dibeli. Bila kotoran yang dikeluarkan hewan qurban padat maka kondisinya sehat. Sedangkan jika kotorannya cair menandakan hewan tersebut tidak sehat.

4. Tempat Penjualannya. Agar lebih aman, hendaknya membeli hewan kurban langsung dari peternaknya. Karena jika tidak, kita tidak tahu pasti bagaimana cara perawatan dan kebersihan hewan tersebut untuk kemudian di pastikan sehat.

Lihat Juga :  Pesan Nabi Ibrahim dan Muhammad di Hari Raya Kurban untuk Kemanusiaan

5. Langkah terakhir dan yang paling penting adalah menanyakan soal sertifikasi/label kesehatan hewan langsung kepada peternak, atau penjualnya.

Itulah tips cara memilih dan membeli hewan qurban.Bagi anda yang sedang mencari hewan kurban bisa hubungi contak person : 0822-8121-3335.

Disinggung mengenai harga hewan kurban miliknya.Ia mengatakan jika hewan kurban ditempatnya mempunyai jenis dan harganya masing-masing. Ada kambing kacang, ada juga yang super.

” Yang jelas soal harga kita bersaing. Ada rupa, ada harga, “tuturnya seraya mengatakan pembeli yang cerdas, selalu teliti. Penjual yang baik harus jujur.(*)

Tags
Close
Close