KESEHATAN

Tidur Berkualitas- Cegah Insomnia, Simak Tujuh Amalan Sebelum Tidur ala Rasulullah

AsSAJIDIN.COM — Bagaimana nih caranya agar tidur kita bukan sekedar tidur, tapi memiliki nilai ibadah di sisi Allah SWT?

Berikut ini adalah tujuh etika tidur islami yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ

1. Amalan Sebelum Tidur: Jangan Tidur Terlalu Malam
Dianjurkan untuk tidak menunda tidur setelah shalat Isya, kecuali memang ada urusan yang bermanfaat.

Berdasarkan riwayat dari Aisyah r.a, ia berkata: “Sesungguhnya Nabi ﷺ biasa tidur di awal malam …” (H.R.Bukhari Muslim)

Dan dari Abu Barzah al_Aslami r.a, ia berkata: “… Rasulullah ﷺ tidak menyukai tidur sebelum (shalat) Isya’ dan bercakap-cakap sesudahnya, “(H.R. Bukhari Muslim)

2. Amalan Sebelum Tidur: Berwudhu Sebelum Tidur
Dari al-Barra’ bin Azib r.a. meriwayatkan bahwa Nabi ﷺ bersabda: “Jika engkau beranjak ke tempat tidurmu, maka berwudhulah sebagaimana wudhu untuk shalat”. (H.R.Bukhari,no 247)

Berwudhu bagi orang yang hendak tidur tidak wajib, melainkan Sunnah.

3. Amalan Sebelum Tidur: Membersihkan Tempat Tidur
Hal ini termasuk adab sebelum tidur, caranya yaitu mengibaskan kain atau semisal lidi, keatas tempat tidur.
Dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Apabila salah seorang diantara kalian hendak tidur, maka kibasilah tempat tidurnya dengan ujung sarungnya, karena sesungguhnya dia tidak tau apa yang akan menimpa padanya”. (H.R.Bukhari dan Muslim)

4. Amalan Sebelum Tidur: Berbaring Ke Kanan
Hal ini diterangkan didalam hadits riwayat Al-Barra bin Azib, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “jika engkau datang ke tempat tidurmu, maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaring lah pada sisi sebelah kanan mu”. (HR.Bukhori,no 247)

Lihat Juga :  One Day One Hadist : Larangan Mencela Makanan

Dengan cara miringkan badan ke kanan dengan berbantal tangan kanan (tangan kanan ditindih kepala atau pipi). Manfaatnya yaitu agar lebih cepat terbangun, jantung tergantung ke arah kanan sehingga tidak merasa berat sewaktu tidur, dan sebagaimana dikatakan oleh Ibnul Jauzi menurut para dokter, tidur dlm posisi seperti ini lebih sehat bagi tubuh…(Fathul Bari,ll/113)

5. Amalan Sebelum Tidur: Membaca Beberapa Ayat Al-Qur’an
Membaca Al_Qur’an sebelum tidur sangat berguna untuk menjaga diri seorang muslim dari permainan syetan.
Apa saja yang kita baca?

a. Membaca Ayat Kursi.
b. Membaca dua Ayat Terakhir dari Surat Al_Baqarah.
c. Membaca Surat Al_Ikhlash dan Mu’awwidzatain (surat Al_Falaq dan An_Naas) lalu meniupkannya.

Bagaimana Rumor Mbak You Palsukan Kematiannya Mulai Beredar?

Hal ini berdasarkan riwayat yg disampaikan oleh Aisyah r.a, ia berkata: “Nabi ﷺ ketika pergi ke tempat tidurnya setiap malam, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya, lalu meniupnya dan membaca: Qul Huwaallahu ahad…dst, Qul A’uudzu bi rabbil Falaq…dst, dan Qul A’uudzu bi rabbin naas dst. Kemudian mengusap bagian tubuhnya yang terjangkau dengan kedua telapak tangannya, dimulai dari atas kepala,wajah dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali.” ( H.R.Bukhari, no.5017 )

Lihat Juga :  Jangan Pilih Kasih Anak Laki-laki dan Perempuan

6. Amalan Sebelum Tidur: Membaca Dzikir Dan Do’a Sebelum Tidur
Disunnahkan sebelum tidur untuk berdzikir, sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ kepada Ali bin Abi Thalib dan Fatimah r.a tatkala mereka berdua meminta pembantu kepada beliau, “maukah kalian berdua aku tunjukkan sesuatu yang lebih baik daripada apa yang kalian berdua minta? jika kalian hendak tidur, bacalah TASBIH sebanyak 33 kali, TAHMID 33 kali dan TAKBIR 33 kali, itu semua lebih baik bagi kalian berdua daripada pembantu (HR.Bukhari no:6318)

Adapun doa sebelum tidur jumlah nya sangat banyak, diantara nya adalah: “allahumma aslamtu nafsi ilaika wawajahtu wajhi ilaika wafawwadhtu amri ilaika wa alja’tu zhahri ilaika raghbatan wa rahbatan ilaika laa mal ja’a wa laa manja minka illa ilaika amantu bikitabika alladzi anzalta wanabiyyika alladzi arsalta. (HR.Bukhari 4:99)

7. Amalan Sebelum Tidur: Membaca Do’a Bangun Tidur
Rasulullah ﷺ apabila bangun dari tidurnya beliau membaca: “alhamdu lillahi alladzi ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihi an_nusyuur”. (H.R.Bukhari Muslim)

Inilah diantara etika tidur yang diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ yang sebaiknya kita amalkan setiap hendak tidur. [*/sumber: islampos]

Tags
Close
Close