PALEMBANG

Tersentuh Permohonan Ketua Pembina Leanpuri Centre & Foundation, Gubernur Sumsel Keluarkan Surat Edaran untuk BUMN, BUMD dan Swasta agar Peduli Kaum Disabilitas

AsSAJIDIN.COM – Bermula dari kunjungan Ketua Pembina Leanpuri Centre & Foundation, Ratu Tenny Leriva HD, di Rumah Disabilitas Sriwijaya, yang menyentuh hatinya, muncul niat yang dalam untuk menyalurkan hak-hak mereka agar bisa memperoleh pekerjaan yang formal.

Bentuk kepedulian Iva HD, panggilan Ratu Tenny Leriva, pun membuat surat dari Leanpuri Centre & Foundation kepada Gubernur Sumsel agar dapat membuat surat tentang Kewajiban pihak perusahaan BUMN, BUMD dan Perusahaan – perusahaan swasta, untuk dapat mempekerjakan saudara-saudara kita penyandang disabilitas fisik.

Iva HD, yg mengunjungi mereka oktober 2021 lalu, sangat tersentuh hatinya dengan keluhan-keluhan para penyandang disabilitas ini. Setidaknya setengah harian Iva HD dan penghuni Rumah Disabilitas Sriwijaya berdiskusi, sekaligus mendengar keluhan dan saran-saran mereka.

Suara isak tangis para penyandang disabilatas ini, sesekali terdengar saat menyampaikan suara hati mereka, yang memohon agar pimpinan daerah bisa mendengar aspirasi para saudara kita penyandang disabilitas ini.

Lihat Juga :  Sungai Musi tak lagi Jadi Sumber Baku Air akibat Ulah Manusia Bila tak Mau Menjaganya

” Mohon ibu bisa menjadi penyambung suara kami kepada yang berwenang juga pemerintah. Agar derajat kehidupan kami bisa terangkat,” ujar mereka, sekaligus menyatakan keinginan mereka untuk.bekerja.

Iva HD, agaknya tak kuasa menahan titisan airmatanya menyaksikan bagaimana terbatasnya keberadaan fisik dan hati para penyandang disabilitas ini.

Kenyataan inilah, yang membuat dirinya untuk membuat surat resmi dari Leanpuri Centre & Foundation, 18 November 2021 kepada Gubernur Sumsel, agar menyambung suara para penyandang Disabilitas fisik, kepada BUMN, BUMD dan pengusaha swasta, untuk dapat menerima mereka sebagai karyawan sesuai kemampuan di perusahaan- perusahaan tersebut.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru, lalu menanggapi surat Leanpuri Centre & Foundation tersebut, dengan membuat surat edaran kepada BUMD, BUMN dan perusahaan swasta 23 November 2021 lalu.

Lihat Juga :  Rumah Makan ini Gelar Program Makan Gratis Senin Sampai Sabtu untuk Kaum Dhuafa

Isi surat edaran itu, berupa pemberlakuan undang-undang oleh perusahaan – perusahaan tersebut.

Dalam surat edaran itu, Gubernur Sumsel, mengutip UU No.8 Tahun 2016 pasal 53, yang mewajibkan bagi BUMN dan BUMD untuk dapat mempekerjakan sedikitnya 2% dan perusahaan swasta 1%, terhadap saudara-saudara kita penyandang disabilitas fisik ini.

” Ini sebuah kabar gembira. Edaran Gubernur harus disambut oleh para pihak BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta,” Kata Ketua Pembina Leanpuri Centre & Foundation, Ratu Tenny Leriva, di Palembang, Sabtu, 4 Desember 2021.

Dia berharap, agar BUMN, BUMD dan perusahaan swasta, dapat membuka diri sebagaimana yang disampaikan Gubernur melalui surat edaran yang telah disampaikan.

Kesemua upaya ini, ujar Iva HD, tiada lain adalah untuk kesejahteraan sahabat penyandang disabilitas di daerah ini.(*/Bangun Lubis)

Tags
Close
Close