PENDIDIKAN

Tamat Sekolah Mau Kuliah Jurusan Apa? Berikut Tips Memilih Jurusan Kuliah

AsSAJIDIN.COM  — Setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), sebagai pelajar tentunya muncul berbagai pertanyaan dan kebingungan saat memilih jurusan kuliah bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

Nah, Agar kamu pelajar tidak bingung dan salah memilih jurusan perkuliahan. Dosen Fisip Universitas Islam Raden Fatah Palembang, Muhammad Mifta Farid, M.I.KOM akan memberikan beberapa tips agar kamu tepat memilih mana yang cocok untuk mengembangkan ilmu yang kamu miliki di jurusan perkuliahan nantinya.

1. Ketahui Kemampuan atau Basic Kamu

Tentunya sangat mengasyikkan jika kamu dapat lebih mengembangkan kemampuan atau basic yang kamu miliki.

Misalnya, kamu memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer, ada baiknya kamu mengembangkan lagi kemapuanmu di perkuliahan. kamu dapat mengambil dan memilih jurusan yang berbicara tentang masalah informatika.

Lihat Juga :  Nasihat Penting untuk Pelajar-pelajar Putri

Selama melaksanakan kegiatan belajar di sekolah, tentunya akan terlihat hobi atau apa yang sering dilakukan selama sekolah baik didalam pelajaran internal ataupun eksternal.

“misalnya hobi bermain game, bisa diambil jurusan programmer atau ada yang hobby foto, dan nanti bisa jadi suatu pengembangan di kuliah nanti bertujuan menjadi fotografer.

2. Pilih Jurusan yang Dibutuhkan Masyarakat

Untuk calon mahasiswa, disarankan agar memilih jurusan nantinya pilihlah jurusan yang benar-benar yang dibutuhkan masyarakat, karena jika salah pilih maka akan mubazir nantinya.

3. Minta Saran Guru Pendamping Atau Keluarga

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu meminta masukan wali kelas, guru pendamping dan keluarga.

Guru pendamping justru akan lebih tahu apa yang menjadi keinginan dari siswa untuk pengembangan jurusannya.

Lihat Juga :  Ingin Masukkan Anak ke Pesantren? Simak Penjelasan Buya Yahya, Pendiri Ponpes Al Bahjah

“Siswa terkadang labil dan bingung dalam menentukan jurusan kuliah yang dipilih, guru pendampinglah yang lebih mengerti jurusan apa kedepannya agar dapat makin berkembang baik dalam menghadapi dunia perkuliahan dan dunia pekerjaan nantinya,”katanya.

4. Nilai Akreditasi Jurusan

Setelah kamu menentukan jurusan apa yang kamu ambil, Jangan lupa untuk melihat akreditasi jurusan yang akan di ambil.

Paling tidak, jurusan kuliah yang kalian pilih harus B. Hal itu demi memudahkan kalian dalam melamar pekerjaan atau mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Begitulah 8 hal yang bisa kalian lakukan. Sebelum memilih jurusan kuliah, pastikan pahami semua hal tersebut, agar memperoleh keuntungan di saat kuliah atau setelah lulus nanti. (*/tri jumartini)

Back to top button