SYARIAH

Surat Alkafirun, ini Salah Satu Faedahnya

ASSAJIDIN.COM —  Surah Al-Kafirun,  memiliki banyak faedah. Salah satunya surat ini baik bila dibaca sebekum kita beristirahat atau tidur.

Surat Alkafirun mengandung arti pelepasan diri dan syirik.

Imam Ahmad meriwayatkan Imam Ahmad meriwayatkan dalam Musnadnya dari Farwah bin Naufal Al-Al-Asyja’i, Nabi SAW bersabda,


“Bacalah ketika akan tidur, ‘Qul yaa ayyuhal kaafiruun,’ kemudian tidurlah setelah selesai menamatkannya. Sesungguhnya ia pelepasan diri dari syirik.” (Al-Musnad, 5/456, dan dinyatakan Shahih oleh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib, No. 604)

Hadis di atas menunjukkan keutamaan surat ini, keutamaan membacanya ketika hendak tidur, dan anjuran agar seorang Muslim tidur sesudah menamatkannya.

Hal itu agar aktivitas terakhir yang diakukan sebelum tidur adalah pernyataan tauhid dan berlepas dari syirik.

Tidak diragukan lagi, barang siapa membaca surat ini, memahami kandungannya, dan mengamalkan konsekuensinya, berarti dia telah terlepas terlepas dari syirik lahir dan batin.

Lihat Juga :  Kepada Siapa Infak, Sedekah dan Zakat Diberikan Menurut Alquran?

Adapun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kontinyu membaca kedua surah ini pada dua rakaat sebelum shubuh. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam membuka dengan keduanya amalan hari itu. Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca keduanya pada sunnah ba’diyah maghrib sehingga ditutup dengan keduanya amalan siang

Begitu pula beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam membacanya pada shalat witir sehingga menjadi penutup amalan malam hari. Pada bahasan terdahulu telah berlalu bersama kita bahwa beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca, ‘qul huwallahu ahad’ apabila kembali ke tempat tidumya. Sementara pada hadits Naufal ini terdapat anjuran membaca ‘qul yaa ayyuhal kaaf’iruun’ ketika hendak tidur.

Lihat Juga :  Balasan Tentang Perbuatan, Surat Az-Zalzalah, Bacaan Arab, Latin dan Terjemahannya

Dengan demikian kedua surah ini juga menjadi penutup aktivitas saat seorang Muslim akan tidur. [*/Sumber : islampos)

Also Read
Close
Back to top button