BERITA TERKINIISLAMIC SCHOOLNASIONAL

SMAIT Al Furqon Wakili Indonesia Dalam Ajang Kompetisi International 2021

 AsSajidin.com— Pandemi Covid-19 yang melanda dunia ,nampaknya tak menyurutkan asa dan tekad para siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu SMAIT Al Fuqon Palembang untuk berprestasi.Dua utasan mereka berhasil menyabet tropi “ Yount National Scince Fair 2020”  dan berhasil menjadi pemenang dalam lomba tingkat nasional yang di ikuti dari perwakilan jenjang tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) , SMA, dan Perguruan Tinggi.

Usadz Mayudi  M.Pd Kepala SMAIT Al Furqon kepada AsSajidin, Senin (24/8/20) mengatakan jika keberhasila ini tidak lepas dari program sekolah yakni School by Research.

“ Alhamdulillah, Tim A SMAIT Al Furqon Palembang yang diwakili oleh ananda Nida Afifah (Siswi kelas 12 IPA olimpiade)dan Satria Dali Romadhon (Kelas 11 IPA Tahfidz) sedangkan TIM B SMAIT Al Furqon diwakili oleh Sabrina (Kelas 11 IPA Olimpiade dan Daffa Kumara  (Kelas 11 IPA Olimpiade). Keduanya memenangkan perlombaan dengan memperoleh Bronze kategori Physics and Engineering oleh TIM A. Lalu TIM B SMAIT Al Furqon Palembang memperoleh penghargaan kategori Honorable Mention,” ungkapnya penuh rasa syukur.

Lihat Juga :  Makna Kemerdekaan dalam Pandangan Alquran

Menurut Ustadz Mahyudi, keberhasilan inin juga tidak lepas dari kerja keras para guru khusunya Bunda Nandha Rizky Purnami, S.TP. dan Ustadz Desriansyah, S.TP. yang melakukan pendataan terahadap ide dan permasalahan yang siswa temui dikehidupan mereka sehari-hari lalu bersama siswa binaan mereka dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok dibimbing oleh guru pembimbing seperti Bunda Sri Wulandari, bunda Diana, dan ustad budan lainnya.

“ Kini kita sedang memerpsiapkan diri menyonsing  tahun 2021 dalam ajang Internasional Invention & Innovative Competition  yakni sebuah ajang komptisi inovasi tingkat internasional yang diadakan oleh MNNF Network Malasysia yang di ikuti oleh 4 negara antara lain Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand, “ terangnya.

Lihat Juga :  Skateboard Targetkan Satu Emas, Atlet Indonesia yang Turun Baru Berusia 9 Tahun

Tujuan kompetisi ini kata Ustadz Mahyudi  adalah untuk menemukan inovasi ,  solusi yang hemat biaya dan prakatis yang berguna bagi masyarakat, di mana sebagian dari pendapatan pada kegiatan ini akan disumbangkan oleh kin Heart Charity. Selain itu, peserta dalam kompetisi ini juga mempuyai kesempatan untuk mempublikasikan karya meraka di Innovative scientific Journal (ISJ).

“ Penilaian dalam kompetisi ini ada 5 kriteria diantaranya novelty, benefit to the user, benegit to the society, commercialization, and others (Publication, award, and intellectual property). Terdapat 3 kategori dalam kompetisi ini yaitu kategori A (Profesional), Kategri B (Higher Institution Students), dan kategori C (School Students). Tolong doanya, agar kita bisa menjadi yangterbaik dalam ajang ini,” pintanya.

Close