HAJI & UMROHUncategorized

Siap-siap Biaya Umrah akan Disesuaikan

AsSAJIDIN.COM – Kementerian Agama tengah menyesuaikan biaya perjalanan umrah di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Hal itu dilakukan mengingat adanya perubahan protokol dalam perjalanan ibadah umrah. Rencananya perjalanan ibadah umrah dari Indonesia akan dimulai pada November 2021 ini. “Tahun ini kita revisi disesuaikan dengan kondisi yang terbaru,” ujar Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Nur Arifin belum lama ini. 

 Nur bilang hingga saat ini belum ada keputusan harga referensi perjalanan umrah. Sehingga biaya perjalanan umrah masih mengacu pada Keputusan Menteri Agama nomor 777 tahun 2020. Pada beleid tersebut, harga referensi perjalanan umrah dipatok sebesar Rp 26 juta per orang. Biaya tersebut ditetapkan untuk perjalanan umrah Desember 2020 lalu dengan mempertimbangkan biaya pelayanan di dalam negeri, perjalanan, dan biaya selama di Arab Saudi.

Meski begitu, Nur mengaku telah ada perubahan dalam protokol kesehatan dalam penyelenggaraan ibadah umrah. Terutama berkaitan dengan syarat tes dan perawatan. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email “Perbedaannya terutama di PCR dan pembersihan,” ungkap Nur.

Berdasarkan aturan pemerintah, pada pelaku perjalanan internasional wajib melakukan selama 5×24 jam bagi orang yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan 3×24 jam bagi orang yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap. Selain itu, ada pula kewajiban pemeriksaan PCR bagi pelaku perjalanan internasional. Hal itu dilakukan sebelum keberangkatan menuju Indonesia, saat tiba di Indonesia, dan setelah masa puasa. (Abdul Basit Bardan). (*/sumber: kontan)

Tags
Close
Close