PENDIDIKAN

Sekolah Swasta tak Kebagian Siswa, Diknas Kota: Gak Bener itu…

ASSAJIDIN.COM — Kegelisahan sekolah swasta tak kebagian siswa karena “diambil” semua oleh sekolah negeri, ditanggapi diknas kota Palembang

Terkait pernyataan yang dilontarkan oleh Ketua Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) Perwakilan PGRI Sumsel Hasanudin SPd MSi dibantah oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto.

Pasalnya, Zulinto menilai jika anak-anak yang ingin melanjutkan ke sekolah negeri hanya menampung siswa sebanyak 55 persen.

“Artinya masih ada 45 persen lagi siswa yang belum tertampung di negeri, dan itu kembali ke sekolah swasta, gak bener itu (swasta tak kebagian siswa)” tegasnya, Senin (21/6/2021).

Pria yang juga Ketua PGRI Sumsel ini menambahkan bahwa banyak masyarakat melirik sekolah negeri, dikarenakan negeri tidak mengenakan biaya pembayaran (gratis). “Yang mau sekolah itukan masyarakat-anak-anak, apakah mereka mempunyai kemampuan untuk membayar, itu yang jadi pertanyaan,” terangnya.

Lihat Juga :  Berjuang Memerangi Hoax Termasuk Bela Negara, Budayakan Cek and Ricek

Ia berharap, sekolah swasta yang notabennya sama, tidak begitu tinggi juga harus menerapkan sistem seperti sekolah negeri.

“Sekolah swasta kan juga menerima Dana BOS, gunakan dana bos semaksimal mungkin untuk keperluan anak-anak disekolah, bila perlu tidak berbayar juga, tentunya anak-anak dan masyarakat juga akan melirik sekolah swasta dan kami pun bisa menyalurkan,” urainya.

Maka dari itu lanjut Zulinto, jika sekolah swasta mengatakan tidak kebagian murid itu keliru. “Tidak semua murid ditampung oleh sekolah negeri, kita sudah membatasi dari pada jumlah siswa tersebut,” pungkasnya. (Sugi)

Tags
Close
Close