MOZAIK ISLAM

Sebulan Jualan Baru Laku 10 Ekor, Biasanya Ratusan, Nasib Pedagang Hewan Kurban

ASSAJIDIN.COM – Tinggal hitungan hari kedepan memasuki Hari Raya Idul Adha 1441 atau Hari Kurban. Beberapa masyarakat pastinya menyiapkan hewan kurban untuk di sedekahkan kepada masjid dan mushola.

Namun, Dalam keadaan pandemi Covid19 saat ini. Hewan kurban yang pedagang jajakan sepi peminat. Alhasil, Salah Seorang pedagang hewan Kurban, Doni di jalan Kol H Barlian, KM6 Palembang merasakan dampak di tahun ini benar benar anjlok.

“Bahkan sudah tiga hari terakhir ini tidak ada satupun orang yang bertanya apalagi membeli hewan kurban,”katanya saat ditemui, Selasa (21/7/2020).

Ia mengatakan, sudah berbagai cara dia lakukan agar hewan kurbannya laku dibeli masyarakat. Seperti ikut berjualan online, namun karena penjual hewan kurban juga banyak pesaingnya.
“lah hampir sebulan saya promosikan, hanya laku 10 ekor saja,”katanya.

Lihat Juga :  Tips Membeli Hewan Kurban, Nomor 4 Harus Diperhatikan..!

Kerugian penjualan hewan kurban tahun ini mulai dari 60 sampai 70 persen. yang mana hampir 60 persen pelanggan yang setiap tahun membeli hewan kurban kambing atau sapi kepadanya, tahun ini ternyata tidak berkurban.

Ia bercerita, Tahun lalu kambing miliknya bisa laku ratusan hingga 150 ekor, dan sapi bisa mencapai 30 sampai 40 ekor.

“Kalo hari-hari seperti ini, H-10 Idul Adha tahun lalu, bisa laku 80-90 kambing, sapi juga bisa laku di atas 10 ekor, tahun ini anjlok habis, semua kena dampaknya karena Covid19 ini,” ujarnya.

Hingga saat ini, dia mengaku hewan kurban miliknya masih terdapat lebih dari 70 kambing dan sekitar 20 sapi lagi, dan apabila benar-benar tidak laku, rata-rata kerugian per satu kambing bisa sampai satu juta rupiah.

Lihat Juga :  Strategi Pedagang 16 Ilir Palembang Jelang Ramadhan, Antara Pasar Online dan Offline

“Seperti itu juga sapi, ruginya lebih besar, mana orang kalau pilih kambing rata-rata cari yang kecil, sepanjang jualan, tahun ini yang paling parah,”katanya.

Harga hewan kurban kambing berkisar antara 3 sampai 3,5 juta rupiah dan sapi antara 15 sampai 16 juta rupiah. Dapat langsung menghubungi saya di nimor telepon 0895606764430 jika mau mencari hewan kurban.(*)

Penulis:tri jumartini

Tags
Close