ALFURQON SCHOOL

SDIT Al Furqon Dipenuhi Ratusan Jamaah Haji Cilik Selama 2 Hari

AsSajidin.com, Palembang— Bertempat dihalaman upacara bendera Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Furqon Palembang, Senin (15/8/2022). Ratusan siswa yang terdiri dari kelas 1 sampai kelas 3 mengikuti praktek pelaksanaan ibadah haji tamattu dengan tujuan menjadikan para siswa mengetahui rukun-rukun ibadah haji dan hikmah spiritual yang terkandung dalam pelaksanan haji special ini.

Bunda Siti Nursiah, Ketua Pelaksana kegiatan “ Manasik Haji SDIT Al Furqon 2022” kepada AsSajidin mengatakan,kegiatan ini adalah yang pertama pasca pandemic. Dan sudah menjadi agenda rutin sekolah bertagline ahli dzikir, ahli fikir, ahli ikhtiar setiap tahunnya.

“ Namun, pelaksanaan manasik ibadah haji tahun ini sedikit berbeda. Karena, SDIT Al Furqon menyelenggarakan pelaksanaan Ibadah haji tamattu’ . Ya, salah satu ibadah haji yang sering dilakukan masyarakat Indonesia. Karena, ibadah haji jenis ini dilakukan dengan mendahului ibadah haji dengan mengerjakan umrah terlebih dahulu,” katanya.

Bunda Siti Nursiah, Ketua Pelaksana kegiatan “ Manasik Haji SDIT Al Furqon 2022”

Ia menjelaskan jika,sebenarnya pelaksanaan praktek manasik haji ini selain menjadi wadah silaturahmi antara para guru, siswa dan juga orang tua. Kegiatan ini diharapkan menjadi pembelajaran dan pengetahuan anak sedari dini tentang bekal dan rukun-rukun pelaksanaan ibadah haji seluruhnya. Mulai dari Ihram (niat) umroh dari Miqat , Thawaf-Sai-Tahallul (potong rambut) – Terus dilanjutkan dengan niat kedua Ihram (niat haji)m Wuquf di Arafah -Mabit di Muzdalifah -Lontar jumrah aqobah (kubro)
-Tahallul (potong rambut) awwal -Mabit di Mina saat hari tasyriq -Lontar jumrah ula, wustho dan aqobah saat hari tasyriq -Thowaf ifadlah-Sai –Tahallul.

“ Manasik haji SDIT Al Furqon tahun 2022 ini bertema haji tamattu, karena kami ingin anak-anak bisa memahami ibadah haji sebagai kewajiban seorang muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Kita berharap,nanti ketika mereka dewasa, mampu secara usia, ekonomi dan sebagainya mereka bisa menerapkan pembelajaran ini. Sehingga mereka sudah mengenal tiap-tiap rukun ibadah haji dan pelaksanaanya,” ujarnya.

Lihat Juga :  SDIT Al Furqon Berbagi Kasih, Korban Kebakaran Kertapati : Ucapkan Rasa Syukur dan Terimakasih

Sebelumnya, Kepala SDIT Al Furqon, Ustadz Zakiudin diwakili  Ustadz Firmansyah Wakil Kesiswaan mengatakan, pelaksanaan kegiatan “ Manasik Haji Tahun 2022 “ diikuti oleh setiap unit Yayasan Dakwah dan Pendidikan Al Furqon Palembang. Mulai dari jenjang PG/TK, SD, SMP, dan SMA Islam Terpadu Al Furqon.

“ Untuk pelaksanaan kegiatan manasik haji SDIT Al Furqon akan digelar selama 2 hari, terhitung Senin (15/8/2022) dan Selasa ( 16/8/2022). Dengan melibatkan kurang lebih 800 siswa dari semua kelas,” terangnya.

“ Jadi ada dua season pelaksanaan manasik ibadah haji ini. Pertama diikuti siswa kelas 1,2 dan 3 sebanyak 400 siswa pada Senin (15/8/2022) dan Kedua diikuti siswa kelas 4,5,dan 6 di hari Selasa (16/8/2022).Tempat pelaksanaan di SDIT Al Furqon Jalan R Soekamto, Kecamatan Kemuning Palembang,” urainya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak khususnya wali murid yang mendukung penuh acara kegiatan ini. Bahkan, mereka rela untuk terlibat langsung dalam rangkaian kegiatan ini.

“ Al hamdulillah, para orang tua mensuport. Dan tentu kami sebagai pelaksana kegiatan akan berusaha mengemban amanah itu dengan sebaik-baiknya. Kami juga tetap menterdepankan protokol kesehatan (prokes) sebagai wujud ikhtiar kita bersama dalam menjaga kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu, Ustadz Mukarrom Wakil Kesiswaan Bidang Keagamaan SDIT Al Furqon menyebut, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Mata Pelajaran (Mapel) Agama Islam. Dan tentu dalam pelaksanaanya, pihaknya akan menjadikan kegiatan ini sebagai nilai yang akan dimasukkan kedalam raport siswa.

“ Intinya, siswa diharapkan mampu aktif dalam mengikuti setiap rangkain agenda yang ada. Nanti akan ada tim juga yang memberi penilaian langsung kepada setiap siswa,” katanya.

Pantauan media ini dilapangan, tampak ratusan siswa berpakaian serba putih lengkap dengan atribut para jamaah haji melaksanakan setiap rukun ibadah haji. Kendati panas pagi cukup terik, namun  tidak menghentikan langkah anak-anak ini melaksanakannya dengan sungguh-sungguh.

Lihat Juga :  Diluar Prediksi, Jamaah Sholat Idul Adha 1443 H di SIT Al Furqon Membludak

Seperti misalnya, Gibran yang didaulat sebagai salah satu Imam sholat sunnah sebelum berangkat ibadah haji, Tampak, Gibran dengan cukup lancar mengimami sholat sebagai persiapan dan memohon perlindungan Allah SWT akan keselamatan para jamaah haji.

Selain itu, tampak juga semua atribut pelaksanaan ibadah haji mulai dari kakbah,bukit safa marwah, Hajar Aswad hingga pelaksanaan ziarah ke Kota Makkah. Dengan tujuan Jabal Stur, Padang Arafah, Musdalifah tempat mabit, Jabal Noor Gua Hira,

Ziarah makam nabi, serta terakhir tahalul atau pemotongan rambut juga disiapkan dengan seperti aslinya.

Untuk diketahui, Ibadah haji tamattu’ adalah salah satu ibadah haji yang paling banyak dipilih. Apa itu haji tamattu? Ibadah haji diperintahkan oleh Allah sebagaimana dalam Al-Quran, Surat Ali Imran ayat 97 berikut ini:

“Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barang siapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barang siapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam”, (QS Ali Imran: 97).

Ibadah haji adalah salah satu ibadah yang memiliki rangkaian amalan yang cukup panjang. Tidak hanya itu, ibadah haji juga memiliki banyak macam, salah satunya adalah haji tamattu. Haji yang dilakukan dengan mendahului ibadah haji dengan mengerjakan umrah terlebih dahulu.

Sebagaimana menurut HR Muslim, haji tamattu merupakan haji yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada sahabatnya ketika mereka sampai di Makkah. “Imran bin Hushain r.a mengatakan bahwa Nabi SAW melakukan haji tamattu dan para sahabat pun berhaji tamattu pula menyertai beliau.” (HR Muslim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button