PALEMBANG

Revitalisasi Dermaga 16 Ilir Selesai, Percantik Wajah Sungai Musi Kota Palembang

AsSAJIDIN.COM —┬áSungai Musi yang membentang membelah Kota Palembang wajib dilestarikan dan dijaga termasuk sekitarnya. Salah satunya perbaikan tepian sungai telah dilakukan dengan selesainya pembangunan dermaga 16 Ilir.

Dermaga ini berada di bibir Sungai Musi dan tepat di belakang pusat ritel Sumatera Selatan, Pasar 16 Ilir. Tepian Sungai Musi ini kini tak lagi kusam. Tak ada lagi debu saat kemarau atau genangan air saat musim penghujan.

Dinding sungai tepian dermaga diperbaiki, lantai dermaga dilapis dengan marmer dan disediakan pembatas untuk setiap tongkang ajar terlihat rapi.

Dermaga ini juga menyajikan pemandangan yang bisa dinikmati oleh wisatawan dengan view Jembatan Ampera. Dari dermaga ini wisatawan bisa pergi ke wisata andalan Palembang, Pulau Kemaro.

Lihat Juga :  Ramai Sholat Sunnat Gerhana, ini Pesan Khatib kepada Jemaah

“Baru selesai belum lama ini pebangunannya, selain agar tepian sungai menjadi lebih rapi, memudahkan tongkang untuk bersandar dan juga memberi kenyamanan pada penumpang,” kata Angga salah seorang petugas jaga di dermaga.

Tertatanya tepian Sungai Musi ini juga memperlancar perekonomian rakyat. Salah satunya mempercepat pengangkutan barang dari Pasar 16 ke atas kapal tongkang. Hal ini diakui oleh sopir tongkang tujuan Banyuasin.

“Hemat waktu, biasanya terkendala karena tepian sungai ini becek, tanahnya tidak rata, kuli panggul jadi lebih hati-hati, sekarang lancar,” kata Muhidin.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, penataan sungai menjadi fokusnya dan masuk sebagai salah satu program andalannya. Tak hanya anak sungai, kebersihan Sungai Musi juga jadi yang utama meskipun Sungai Musi menjadi kewenangan pihak balai.

Lihat Juga :  Kasihan Sekali, 4.000 Keluarga Belum Terima PKH, ini Penyebabnya

“Kebersihan Sungai Musi sudah kita jaga dengan koordinasi bersama instansi terkait. Termasuk salah satunya membersihkan Eceng Gondok di aliran Sungai Musi dekat Pulau Kemaro,” katanya. (pitria)

Tags
Close
Close