ALFURQON SCHOOL

Pola Penguatan Pendidikan Akhlak 3.6 “ Lambungkan “  SMAIT Al Furqon Palembang, Dalam Grand Design Pendidikan 2045 JSIT Indonesia        

Wakili Sumatera, Ustadz Mahyudi Raih Juara II Lomba Grand Design Se-Indonesia

AsSajidin.com– Mengusung moto “Maju  Bersama Hebat Semua “ sebuah filosofi yang memang dari awal menjadi gagasan utama civitas akademik Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Furqon Palembang baik kepala sekolah(kepsek), guru, dan siswa dengan tujuan memotifasi diri untuk tetap terus menjadi yang terbaik, terdepan, dan unggul.

Ustadz Ustadz Mahyudi, S.Pd.,M.Pd, Kepala SMAIT Al Furqon menceritakan, sejak diamanahi pada tahun 2017 oleh Yayasan Sekolah Islam Terpadu Al Furqon sebagai kepsek SMAIT Al Furqon Palembang. Dirinya bersama para pengajar lainnya menyadari bahwa,setiap anak didik adalah titipan dari Allah SWT dan harus didik dengan pola yang dapat menjadikan mereka memiliki prilaku dan akhlak yang mulia. Oleh karena itu, dirinya berkomitmen mendesign pendidikan tersebut untuk selaras  dengan visi dan misi SMAIT Al Furqon Palembang yakni menjadikan setiap anak sebagai ahli dzikir, fikir, dan Ikhtiar.

“ Malalui perkembangan semua program unggulan dan kelas unggulan, kemudian lahirlah sebuah Pola Penguatan Pendidikan Akhlak 3.6 untuk menjadikan siswa SMAIT Al Furqon Palembang sebagai siswa yang berkahlakul karimah. Adapun 3.6 yakni enam program unggulan dan tiga kelas unggulan. Desgin ini sengaja di buat untuk mempersiapkan tantangan di masa depan yakni persipan menyongsong bonus demografi serta mempersiapkan 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045,” ujarnya.

Lihat Juga :  Tim Pesantren Aulia Cendikia Jawara Futsal Pospekot 2019

Selaras dengan itu, kata Ustadz Mahyudi program unggulan dan kelas unggulan yang beliau design tersebut terdiri dari Enam Program unggulan yakni :  Akhlakul Karimah, Al Quran School, School by Research, Interntional Program, Siswa Berprestasi (SISBER), dan penguatan pendidikan akhlak.

“ Melalui ke enam program tersebut, Alhamdulillah, memantik tiga kelas unggulan SMAIT Al Furqon Palembang lainnya yaitu kelas Tahfidz, Olimpiada, dan Entrepreneurship. Tiga kelas unggul dan enam program unggulan yang di design ini telah banyak menghasilkan siswa-siswa yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi menjadikan siswa memiliki kualitas dalam beribadah,” ungkap peraih runner up dalam lomba “ Best Prectice “ Kepala Sekolah dalam membuat grand design Pendidikan Tahun 2045. Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia pada bulan Juni 2021 lalu ini penuh rasa syukur.

“ Alhamdulillah, berkat support dan doa semuanya, subcribe yang kita raih mencapai 2,3 ribu. Sehingga hal ini menjadi 1 langkah mulus saat paparan grand design dihadapan dewan juri. Alhamdulilah SMAIT AL Furqon berhasil meyakinkan dewan juri melalui program unggulan yang telah dibuat. Dan sebagai penghargaan itu, kita berhasil menyabet juara II di tingkat nasional Jumat, 30 Juli 2021 melalui zoom meeting,”tuturnya.

Menurut Ustadz Mahyudi, sebenarnya sejak tiga tahun lalu pihaknya sudah menerapkan program design tersebut. Bahkan prestasi demi prestasi berhasil di raih dalam bidang olimpiade yang diraih oleh siswa SMAIT Al Furqon Palembang selama pandemi.  Terdiri dari, Juara karya ilmiah remaja tingkat nasional sebanyak 36 kali dalam dua tahun (2019-2021). Sebanyak 179 penghafal Al Quran diwisuda mulai dari kategori 1-5 jus, 6-10 juz, 11-20 juz, hingga 30 juz.

Lihat Juga :  Wisuda Akbar XVI PGTK Islam Terpadu (IT) Al Furqon di Ramaikan Pentas Seni

“  Semua prestasi demi prestasi ini tentunya menjadi motivasi untuk SMAIT Al Furqon Palembang dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Sumatera Selatan pada umumnya dan Palembang pada khususnya.Kedepan kita berharap, apa yang di lakukan SMAIT Al Furqon dapat memberi warna pendidikan baru dalam skala nasional,” harapnya.

“ Selain membina mental para siswa, saat ini  saya bersama guru SMAIT Al Furqon Palembang tengah mempersiapkan pola persiapan UTBK (Ujian Tes Berbasis Komputer) masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan menerapkan program-program persiapan masuk PTN yang diantaranya Program Pembelajaran masuk PTN setiap Senin-Jumat, intesifikasi Bimbingan selasa-kamis, UTBK Camp (Desember-Januari), Try Out Setiap bulan, dan amalan unggulan. Alhamdulillah, kemarin ada dari beberapa anak yang lulus dan diterima di perguruan tinggi nasional bahkan Mancanegara dan Timur Tengah. Semua tidak terlepas dari keinginan untuk maju bersama hebat semua,” tukasnya.

Close
Close