KESEHATAN

Pertama di Sumbagsel, RSMH Tangani Penyakit Jantung Bawaan Tanpa Bedah dan Tanpa Radiasi

AsSAJIDIN.COM —  Penyakit Jantung Bawaan (PJB) adalah penyakit jantung yang telah ada sejak lahir akibat pembentukan jantung yang tidak sempurna pada fase awal perkembangan janin di dalam kandungan. Seiring perkembangan teknologi, untuk tatalaksana penyakit ini bisa diatasi dengan tindakan tanpa bedah.

Seiring dengan kemajuan medis, saat ini beberapa jenis PJB dapat ditangani tanpa pembedahan. Intervensi kateter Zero Fluoroscopy (tanpa radiasi) merupakan teknik mutakhir penanganan PJB tanpa pembedahan.

Humas RSMH Palembang, Suhaimi mengatakan Keuntungan Zero Fluoroscopy antara lain hari perawatan yang singkat, bekas luka sayatan sangat kecil, serta tanpa paparan radiasi sinar X.

Untuk pertama kali di Sumbagsel, Rumah Sakit Moehammad Hoesin (RSMH) Palembang bekerjasama dengan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita mengembangkan metode Zero flouroskopi untuk menggantikan pencitraan dengan radiasi.

Lihat Juga :  Jantung Bermasalah, Kenali Tanda-tandanya

“Program ini di motori oleh dr Edrian Zulkarnain , SpJP(K)-FIHA dari KSM Kardiologi RSMH Palembang bersama dr Radityo Prakoso, SpJP(K)-FIHA dari RS Jantung Harapan Kita,”katanya saat dihubungi melalui Whattshap, Jumat (15/7/22).

Selama 2 hari tanggal 15-16 Juli 2022 ini di cathlab BHC (Brain & Heart Center) , tindakan dilakukan atas 5 pasien dewasa dengan penyakit ASD (atrial septal defect) dan PDA (patent ductus arteriosus) menggunakan sekat buatan yang dipasangkan ke jantung lewat selang atau kateterisasi. (tri jumartini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Also Read
Close
Back to top button