INTERNATIONAL

Penantian 86 Tahun, Umat Muslim Turki Tumpah Ruah hingga Keluar Masjid Hagia Sophia Saat Shalat Jumat Perdana

AsSAJIDIN.COM — Jumat (24/7/2020) menjadi hari bersejarah bagi umat muslim di Turki. Hari Jumat ini, merupakan Jumat pertama warga Turki melaksanakan shalat Jumat. Penantian  setelah 86 tahun, Hagia Sophia akhirnya kembali resmi menjadi sebuah masjid. Hari ini pun merupakan hari pertama ibadah salat Jumat dilakukan bagi umat muslim.

Diketahui, sebelumnya Hagia Sophia berfungsi sebagai museum. Sebelum jadi museum, bangunan itu adalah gereja pada masa Romawi. Kemudian diubah fungsinya menjadi masjid pada masa Dinasti Ustmani.

Dilansir melalui kanal Daily Sabah, pemerintah Turki mengundang 1.500 tamu untuk merayakan pembukaan Hagia Sophia sebagai masjid yang dilanjutkan dengan salat Jumat. “Kami mengetahui ini hasrat terbesar pengunjung kami untuk berdoa di Hagia Sophia,” kata Ali Yerlikaya, gubernur Istanbul, Kamis 23 Juli sebagaimana dilaporkan Daily Sabah.

Lihat Juga :  Pemakaman Albaqi di Madinah, tak Ada Batu Nisan, Papan Nama, Digunakan Sudah Berabad-abad

Bahkan, turut menyambut pembukaan Hagia Sophia sebagai masjid, seorang pengusaha hotel bernama Abdurrahman Baysoy. Dia membuka hotelnya secara gratis bagi masyarakat yang datang dari luar Istanbul.

Diketahui, salat Jumat pertama kali di Hagia Sophia ini juga disiarkan secara live di beberapa stasiun televisi di Turki dan beberapa radio.

Saluran-saluran yang akan menyiarkan momen berharga itu adalah ITV, Salaam Media, CII International Radio 786, Voice of the Cape, Radio Islam dan Radio Al Ansaar.

Lantas seperti apa suasana Hagia Sophia saat ini? Rencananya, Hagia Sophia akan dibuka pukul 10.00 TRT (waktu Turki) atau sekitar pukul 14.00 WIB.

Namun, karena membludaknya jamaah yang hadir, pihak pengaman membuka Hagia Sophia satu jam lebih awal yakni 09.00 TRT.

Lihat Juga :  Masya Allah! Bocah Asal Inggris ini Hafal Quran 30 Juz

Tak hanya jamaah laki-laki. Ternyata salat Jumat dilaksanakan terbuka bagi jamaah perempuan.

Jamaah Membeludak, Hagia Sophia Dibuka 1 Jam Lebih Awal.  Suasana Hagia Sophia
Diketahui, masyarakat ternyata sudah menunggu sejak subuh untuk bisa masuk ke Hagia Sophia. Bahkan, banyak masyarakat yang ternyata rela menginap di jalan dan menumpuk di pintu masuk lapangan Hagia Sophia. Mereka rama-ramai mengumandangkan takbir dan salawat.

Kini dilaporkan suasana lapangan Hagia Sophia sudah dipenuhi jamaah. Sehingga area lain diputuskan untuk dibuka karena membludaknya jamaah yang hadir. Terdengar juga mereka berteriak mengucapkan “dengan zikir, Hagia Sophia kami dibuka”. (*/sumber: kompas.com)

Tags
Close