SYARIAH

One Day One Hadist: Sesungguhnya Hati Bisa Berkarat … Rasulullah Beri Petunjuk Cara Membersihkannya

AsSAJIDIN.COM  –Sebagaimana engkau membersihkan wajahmu agar indah dipandang orang, maka bersihkan pula hatimu agar indah dipandang Allah. Maka bersihkanlah keduanya dengan keimanan agar engkau terlihat indah luar dan dalam.
Terkadang perhatian manusia terhadap fisik badannya melampaui dari perhatiannya terhadap hatinya. Kesehatan tubuhnya dijaga dengan pola makan yang sehat lagi bergizi, istirahat yang cukup dan ditambah degan berolah raga secara teratur.
Penampilan tubuhpun dirawat bagi wanita ada luluran, ada make up dan ada juga senam wajah. Belum lagi penampilan pakaiannya yang serba trendi mengikuti gaya fashion terbaru.
Manusia seolah-olah lupa bahwa fisik badannya tidak cukup hanya dijaga dan dirawat secara dzahir tapi juga bathin hatinya perlu dirawat, dipelihara dan dijaga.
Jika wajah dan fisikmu dijaga dengan baik yang sedemikian rupa, agar indah dipandang oleh orang, semoga kita tidak lupa untuk menjaga hati dan membersihkannya dari kotoran hati yang bisa menyebabkan matinya hati. Dari itu bersihkanlah dan rawatlah hati kita agar tetap terjaga keindahannya. Dzikir menjadikan hati semakin kilap yang sebelumnya berkarat. Karatnya hati adalah disebabkan karena lalai dari dzikir pada Allah. Sedangkan kilapnya hati adalah dzikir, taubat dan istighfar
( disarikan oleh Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam kitabnya Al Wabilush Shoyyib.)
Rasulullah ﷺ bersabda,
“Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana berkaratnya besi bila terkena air. Beliau ditanya, wahai Rasulullah bagaimana membersihkannya? Rasulullah ﷺ bersabda, memperbanyak mengingat kematian & membaca Al-Qur’an.”
(HR. Baihaqi)
Wajah, fisik dan hati harus sama-sama dijaga, keduanya harus selalu kita jaga kebersihannya, agar tetap indah dipandang, jika wajah yang indah dipandang mampu menyejukkan hati yang melihatnya.
begitu pula dengan hati, karena hati yang bersih akan indah dipandang, karena hati yang bersih akan mampu memberi ketenangan dan ketenteraman bagi pemiliknya dan bagi yang memandangnya.
Dari itu bersihkanlah keduanya dengan keimanan agar terlihat indah luar dan dalam karena keduanya harus sama-sama kita jaga dengan sebaik mungkin. Wallahu a’lam. Barakallahu fiikum. Semoga bermanfaat. (*/sumber: motivasi hidup penyejuk hati)
Also Read
Close
Back to top button