SYARIAT

One Day One Hadist : Dengki Menghapus Amal Kebaikan Seperti Api Membakar Kayu

AsSAJIDIN.COM —  Apa definisi hasad atau dengki? Dengki atau hasad adalah perasaaan tidak senang melihat orang lain mendapatkan nikmat dari Allah Swt, bahkan berusaha dengan berbagai cara agar orang yang mendapat nikmat dan kesenangan tersebut kembali seperti semula. Kepuasannya akan tercapai apabila orang lain tak ada yang melebihinya dalam segala hal.

Melihat penjelasannya, sifat yang satu ini sangat dekat dengan syetan. Ya syetanlah yang membuat manusia berbuat hasad dan dengki. One day one hadist kita kali ini, membahsa sifat yang satu ini.

Rasulullah SAW bersabda:

إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ ». أَوْ قَالَ « الْعُشْبَ »
“Hati-hatilah kalian dari hasad (dengki), karena sesungguhnya hasad itu memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar atau semak belukar (rumput kering)“. (HR. Bukhari Muslim)

Lihat Juga :  One Day One Hadist : Makna Bersahabat dengan Allah

Hadits Riwayat Abu Daud ra:
“Jauhilah olehmu sifat dengki, karena sesungguhnya dengki itu memakan kebaikan-kebaikan seperti api memakan kayu bakar: ” (HR. Abu Dawud).

Dari hadits diatas jelaslah bahwa perbuatan hasadlah yang bisa menghapus kebaikan sebagaimana api membakar kayu bakar atau api membakar semak belukar. Nauzubillah himinzalikk…Semoga kita semua terhindar dari sifat demikian. Aamin. (*/sumber: islamtsqafah.blogspot.com)

Tags
Close