KELUARGA

One Day One Hadist : Bersedekah untuk Setiap Ruas Tulangmu

ASSAJIDIN.COM — Sahabat, pernahkah memperhatikan bagaimana kita dapat bergerak dengan leluasa? Coba lihat gerakan jari-jemari tangan kita yang amat lincah saat memainkan gadget, gerakan kaki kita yang demikian sistematis ketika berjalan, tidak tertukar kaki mana yang harus terayun lebih dulu. Juga gerakan lain dari tubuh yang dapat melakukan berbagai kegiatan.

Sesungguhnya salah satu penyebab tubuh kita dapat bergerak dengan leluasa adalah adanya sendi-sendi pada setiap ruas tulang. Dan tahukah bahwa nikmat dari setiap sendi tersebut ‘tidak gratis’? Semestinya kita setiap harinya harus mengeluarkan sedekah untuk seluruh ruas tulang tersebut, sebagaimana sabda Rasulullah:

“Dalam tubuh manusia itu ada 360 ruas tulang. Ia harus dikeluarkan sedekahnya untuk setiap ruas tulang tersebut.” (HR. Ahmad)

Seorang Doktor muslim bernama Hamid Ahmad telah mengungkapkan rahasia di balik 360 sendi tubuh manusia tersebut. Dalam sebuah bukunya yang berjudul ‘Perjalanan Iman Di dalam Tubuh Manusia’, beliau secara rinci menjelaskan apa saja yang termasuk 360 ruas tubuh yang dimaksud dalam hadits di atas, yakni:

147 sendi yang terdapat pada tulang punggung

24 sendi yang terdapat pada dada

86 sendi terdapat pada area atas (tulang bahu, siku tangan, pergelangan tangan dan tulang-tulang tangan)

Lihat Juga :  Orangtua Zaman Now Harus Memiliki Kemampuan Ini dalam Mendidik Anak

92 sendi yang terdapat pada area bawah (paha, lutut, tulang lutut, kaki dan mata kaki)

11 sendi terdapat pada tulang panggul (antara tulang punggung dan tulang ekor, tulang pangkal paha, dan pubic symphysis).

Dalam salah satu hadits Nabi shollallahu ’alaih wa sallam menganggap perbuatan bersedekah untuk setiap ruas tulang badan manusia sebagai setara dengan membaca tasbih (ucapan Subhanallah), tahmid (ucapan Alhamdulillah), tahlil (ucapan Laa ilaha illa Allah), takbir (ucapan Allah Akbar), memerintahkan yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar. Subhanallah…! Nabi shollallahu ’alaih wa sallam menjelaskan kepada ummatnya bahwa untuk bersedekah bagi setiap ruas tulang badan setiap pagi adalah cukup dengan menegakkan sholat sebanyak dua rakaat yang dikenal dengan nama Sholat Dhuha.

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat dhuha.” (HR Muslim 1181)

Lihat Juga :  Tujuh Amalan dan Adab Sebelum Tidur Sesuai Sunnah

Mengeluarkan sedekah untuk setiap ruas tulang badan merupakan ungkapan rasa syukur atau terimakasih kepada Allah ta’aala atas tubuh yang manusia miliki. Alangkah tidak berterimakasihnya seorang Muslim bilamana ia selama ini telah memanfaatkan tubuhnya untuk melakukan aneka aktifitas melelahkan namun tidak pernah seharipun menegakkan Sholat Dhuha. Wahai saudaraku, tegakkanlah Sholat Dhuha. Tunjukkanlah rasa syukur kepada Allah ta’aala atas seluruh ruas tulang tubuh yang selama ini telah kita pakai sampai seringkali menjadi sakit dan perlu perawatan kesehatan karena lelah bekerja…! Ingatlah, bahwa semakin sering kita bersyukur kepada Allah ta’aala, maka semakin banyak kenikmatan yang Allah ta’aala janjikan akan kita terima.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni`mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni`mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim ayat 7).(*/artikel USTAD MUGIONO/sumber:eramuslim.com)

Tags
Close