BERITA TERKINISYARIAT

One Day One Ayat : QS Al-Baqarah Ayat 261, Sebutir Jadi 700, Perumpamaan Alquran Terhadap Orang yang Bersedekah

 

ASSAJIDIN.COM —Allah Ta’ala berfirman,

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir ada seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui.” (Q.s. al-Baqarah: 261)

Allah sangat menyayangi orang-orang yang beriman. Apabila hamba-Nya mau menafkahkan hartanya di jalan Allah (sedekah), Allah tidak akan menjadikan harta itu berkurang, justru Dia akan melipatgandakan seumpama sebutir benih yang tumbuh menjadi tujuh ratus biji. Maha suci Allah!

Sebab tersebut, mari kita tiada bosan bersedekah.

The Power Of Sedekah: Berdonasi Mengundang Rezeki

Tahukah Anda bahwa sedekah merupakan amalan yang tidak main-main di hadapan Allah? Satu sedekah, mendatangkan seribu berkah. Apakah Anda pikir sedekah membuat harta berkurang? Padahal sebaliknya, sedekah akan melipatgandakan beribu-ribu lipat dari harta yang Anda sedekahkan.

“Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat-gandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak.” (Al Hadid: 11)

Lihat Juga :  Kekuatan Doa Bismillahi Majreha wa Mursaha Inna Lagafururrahim

“Barangsiapa yang peduli terhadap kebutuhan saudaranya, maka Allah peduli pada hajatnya.” (Shahih Bukhari)

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah akan menambah kemuliaan kepada hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu’ karena Allah, Allah akan mengangkat (derajatnya).” (HR. Muslim)

Masya Allah, siapa yang tidak mau dijamin Allah hidup tercukupi dan diangkat derajat di sisinya?

Lima Manfaat Sedekah di Akhirat

Pengarang kitab Tanbihul Ghafilin, Imam Samarqandy mengatakan: “Biasakan diri Anda untuk terus bersedekah, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Karena dalam sedekah itu ada sepuluh manfaat; lima akan diberikan di dunia, dan lima lagi akan diberikan di akhirat kelak.

Adapun lima manfaat yang akan diberikan di akhirat adalah :

Lihat Juga :  Masya Allah, Inilah Nama-nama Surga yang Disebutkan dalam Alquran

1. Sedekah akan menjadi pelindung dari teriknya sengatan matahari kelak
2. Akan memperberat timbangan kebaikan
3. Dapat membantu melewati shirat (jembatan akhirat)
4. Dapat menambah ketinggian derajat di surga kelak
5. Akan memperoleh ridho Allah

Sedekah Adalah Bukti Keimanan, Mari Berdonasi

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sedekah adalah bukti.”

“Yaitu bukti atas kejujuran dan kebenaran imannya. Orang yg bersedekah senang mendekatkan diri kepada Allah. Hal itu karena harta adlh sesuatu yg dicintai, sedangkan sesuatu yg dicintai itu tidak akan dikeluarkan kecuali dlm perkara yg lebih dia cintai. Dan setiap orang akan mencurahkan segala hal yg dicintainya dlm rangka mencari pahala yg diharapkan.”(Syarah Hadist Arba’in, Imam Nawawi, edisi terj. Hlm188)

Mari buktikan kejujuran & kebenaran iman kita dg berdonasi. Sedikit, namun sangat berarti bagi eksistensi iman kita.

(*/Sumber: Mutiara Risalah Islam)

Tags
Close
Close