SYARIAH

One Day One Ayat : QS Al-Baqarah 197, Sebaik-baik Bekal adalah Bekal Takwa

ASSAJIDIN.COM — Auzubillahiminassyaitoonirrojim.. Allah Ta’ala_ berfirman,

وَتَزَوَّدُوْا فَاِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰى ۖ وَاتَّقُوْنِ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ

“Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah  kepada-Ku, wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat!
(QS. Al-Baqarah : 197)

Dalam ayat lain Allah SWT berfirman,

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَـنْظُرْ نَـفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.”
(QS. Al-Hasyr : 18)

Lihatlah bagaimana Allah mengulang perintah untuk bertakwa hingga dua kali di ayat yang pendek ini, agar kita tidak lupa bahwa persiapan yang paling baik untuk hari esok adalah takwa.

Lihat Juga :  Kehidupan Kaum Penjaga Ka'bah, Surat Quraisy, Bacaan Arab, Latin dan Terjemahannya

Pertanyaannya apakah takwa itu.. Allah pula menjelaskannya dalam Alquran surat Ali Imran ayat 133-134, yang artinya :

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,

3:134 (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan. 

Itulah bekal takwa. Wallahua’lam. (*/sumber: salamdakwah.com)

Also Read
Close
Back to top button