MOZAIK ISLAM

One Day One Ayat : QS Annisa 32, Janganlah Kamu Iri dan Dengki atas Kelebihan Orang Lain

ASSAJIDIN.COM — Auzubillahimimassyaitoonirrojiim, bismillahirrahmaanirrahiim. One day one ayat kit kali ini adalah Quran Surat An Nisa’ Ayat 32 berbunyi :

(وَلَا تَتَمَنَّوۡا۟ مَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بِهِۦ بَعۡضَكُمۡ عَلَىٰ بَعۡضࣲۚ لِّلرِّجَالِ نَصِیبࣱ مِّمَّا ٱكۡتَسَبُوا۟ۖ وَلِلنِّسَاۤءِ نَصِیبࣱ مِّمَّا ٱكۡتَسَبۡنَۚ وَسۡـَٔلُوا۟ ٱللَّهَ مِن فَضۡلِهِۦۤۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَیۡءٍ عَلِیمࣰا)

Artinya :
Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Pada ayat ini Allah dengan tegas melarang orang mukmin untuk iri dengki dan mengharapkan kelebihan orang lain yang tidak dimilikinya. Larangan iri terhadap kelebihan orang lain berlaku baik pada rizki maupun keahlian yang Allah anugerahkan kepada sebagian diantara kalian.

Lihat Juga :  Masa Muda, Nikmat yang Sering Terlupa dan Disia-siakan

Allah telah menetapkan bagi setiap insan bagian dan rizkinya masing-masing. Karenanya bersikaplah secara normal dan tidak berlebihan dalam cari rizki. Karena rezeki setiap insan telah ditetapkan oleh Allah Swt baik laki-laki maupun perempuan.
Sungguh Allah maha mengetahui segala sesuatu, termasuk kebaikan yang ada dalam rahasia berbedanya rizki setiap insan.
Wallahu A’lam. ( Sumber: maklumatnews)

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

 

Also Read
Close
Back to top button