NASIONAL

Nasihat Ustad Prof Dr dr Yuwono Biomed Dalam Menyambut Ramadhan

ASSAJIDIN.COM — Ramadhan 1442 Hijriyah tinggal beberapa hari lagi. Marhaban ya Ramadhan. Ramadan tahun 2021 ini adalah tahun kedua dimana muslim sedunia harus beribadah dalam kondisi musibah pandemik global Covid-19.

Kita mesti bersabar dan bertawakkal dan semoga Ramadhan membawa berkah agar virus corona segera berlalu.

Berikut nasihat Prof dr Yuwono BIOMED, Dokter Ahli Mikrobiologi Klinik yang menjadi Juru bicaraa satgas penanganan Covid19 di Sumsel. Nasihat ini diungkapkannya setahun lalu, tentu masih berlaku di masa saat ini umat muslim yang akan melaksanakan ibadah Ramadhan.

1. Sambut Ramadhan dengan gembira & makin khusyu’ di tengah Pandemi Covid19

2. Tak perlu risau dengan data harian Covid19 karena yang bertambah itu orang yang positif (bukan pasien). Di Sumsel 90% lebih yang positif orang sehat tanpa gejala. Juga mulai terlihat pasien yang sembuh (negatif) lebih banyak dibanding pasien yang wafat

Lihat Juga :  Kabut Asap Makin Pekat, 200 Prajurit Kostrad Diterbangkan ke Palembang

3. Tak perlu kepo, dapatkan data yang kita perlukan saja & inshaAllah semua orang sudah tahu tentang Covid19 ini

4. Bersikap tenang dan berpikiran positif (husnudzan)

5. Jaga kekompakan keluarga

6. Jaga imunitas diri

7. Jaga kebersihan diri & lingkungan

8. Tetap aktif bergerak & bekerja/berkarya dengan menjaga etika batuk dan bersin. Jika harus keluar rumah gunakan masker

9. Ingat bahwa secara ilmiah Pandemi Covid19 akan usai ditentukan oleh:10% layanan rmh sakit, 20% sanitasi (kebersihan lingkungan), 20% imunitas bawaan tiap orang & 50% oleh perilaku manusianya. Jadi sedapat mungkin tak usah ke rmh sakit & mengeluh atas keterbatasan peran pemerintah atau bantuan orang lain .

Lihat Juga :  Dua Tahun Gaji PNS tak Naik, ini yang Dilakukan BKN untuk Anggaran 2019

Fokuslah pada imunitas diri, sikap & perilaku hidup sehat

10. Sabar & terus doa untuk diri, keluarga & bangsa ini agar ditolong Allah. Sudah seharusnya kita lebih dekat dengan Allah akibat ujian pandemi ini.(*/sumber: facebook dr yuwono Biomed)

Tags
Close
Close